Perkuat Promosi 'Halal Destination', Sumatera Barat Expo Kembali Digelar Tahun Ini

gomuslim.co.id- Sumatera Barat terpilih menjadi Destinasi Wisata Halal 2016 setelah berhasil memenangi Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Penentuan pemenang dalam KPHN 2016 ini menggunakan sistem e-voting dan berakhir pada 15 september 2016 lalu. Ada 15 kategori dalam KPHN 2016 dan Sumatera Barat berhasil memenangkan 4 kategori. Empat Kategori tersebut adalah Destinasi Wisata Halal Terbaik, Destinasi Kuliner Terbaik, Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, dan Restoran Halal Terbaik.

Baru-baru ini, Sumatera Barat menggelar program baru demi melancarkan promosi pariwisatanya. Setelah sukses menggelar Sumatera Barat Expo 2014 di Bali, kini rencananya acara tahunan sebagai ajang promosi wisata tersebut akan kembali di selenggarakan di Jl Soekarno, Bandung, Jawa Barat pada 24 hingga 27 November 2016.

Kegiatan Sumbar Expo 2016 kali ini bertajuk ‘West Sumatera Unique in Diversity’ yang menitikberatkan pada keunikan dan potensi unggulan Sumatera Barat, yang juga sebagai persembahan Indonesia kepada dunia.

Adapun rangkaian acara Sumatera Barat Expo 2016 meliputi temu usaha (One on Map Meeting), Travel Mart, Pertemuan Perantau Minang, dan rencananya diakhiri dengan penutupan oleh Bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat. Terpilihnya Kota Bandung sebagai tempat Sumatera Barat Expo 2016 karena adanya kesamaan di sektor pariwisata dan kuliner antara Bandung dan Sumatera Barat, selain itu dari sisi UMKM Bandung dikenal sebagai pusat inovasi dan kreativitas yang tinggi di Indonesia. 

Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki magnet bagi wisatawan domestik, Bandung juga memiliki potensi yang sangat tinggi untuk dapat bekerja sama dan menjalin networking dengan peserta di Sumatera Barat Expo 2016. Sehingga terjadi hubungan simbiosis mutualisme dengan pasar Sumatera Barat. 

"Tahun ini kami akan berusaha mempromosikan keunikan Sumbar mulai dari sektor wisata, seni, budaya, kuliner, UKM, dan banyak hal lain," ujar Kepala Kantor Penghubung Sumbar di Jakarta Luhur Budianda, Senin (14/11).

Budi mengatakan Sumatra Barat Expo sudah digelar selama empat kali. Tiga kali digelar di Jakarta dan satu kali digelar di Bali. Untuk gelaran kelima, Bandung terpilih menjadi lokasi pameran karena dianggap memiliki kedekatan karakter dengan masyarakat Sumbar. "Acara ini bertujuan mempromosikan Sumbar dan menunjukkan keunggulannya ke daerah lain dan mancanegara," ujarnya. 

Selain pameran, Sumatera Barat Expo 2016 akan menyuguhkan pergelaran seni dan budaya khas Minang. Selain itu, panitia juga akan membangun replika jam gadang setinggi lima meter untuk menarik pengunjung. Acara tersebut dibuka untuk umum dan tidak ditarik biaya masuk.

Target pengunjung yang hadir di Sumatera Barat Expo 2016 adalah perwakilan negara sahabat di Bandung, atase ekonomi dan investasi negara-negara sahabat di Indonesia, lembaga ekonomi dan investasi asing di Indonsesia, pelaju ekonomi nasional, peminat budaya dan pariwisata Sumatera Barat, badan organisasi sosial masyarakat Minang, semua masyarakat perantau asal Sumatera Barat di Bandung, serta masyarakat Bandung sendiri dan wisatawan mancanegara.

Sekadar informasi, Sumatera Barat Expo pertama kali di selenggarakan pada 2011. Hingga kini acara tahunan tersebut sudah empat kali dilaksanakan, terakhir acara tersebut digelar di Legian, Bali. (nat/dbs) 

 


Back to Top