Beralih Profesi, Artis Senior Ini Geluti Bisnis Produk Hijab

gomuslim.co.id– Saat ini hijab menjadi sebuah tren global yang menstimulus banyak wanita di seluruh dunia untuk mengenakannya. Tidak terkecuali di Indonesia, tren hijab kini juga sangat digandrungi oleh para muslimah Tanah Airsecara menyeluruh.  

Saat ini, mengenakan hijab juga bukan hanya sebagai kewajiban sebagai seorang muslimah saja dalam hal menutup aurat mereka. Pasalnya, hijab kini juga digunakan sebagai bentuk identitas seorang muslimah dan sebagai gaya berbusana yang tidak ketinggalan dengan model busana lainnya.

Eksistensi para hijaber Tanah Air juga kini tidak perlu diragukan lagi, mulai dari mendirikan perkumpulan atau komunitas-komunitas di berbagai wilayah, hingga memamerkan koleksi busana muslim di panggung Internasional semacam Jakarta fashion Week beberapa waktu lalu.

Dari segi bisnis, fashion hijab dan busana muslim di Indonesia juga tengah mengalami peningkatan yang pesat, hal ini terlihat dari banyaknya desainer muda yang menelurkan koleksi busana muslim mereka, serta banyaknya toko-toko busana muslim dengan merek yang sudah tidak asing lagi.

Sederet artis sinetron juga banyak yang banting stir dan memiliki usaha hijab, hal inilah yang kini tegah dirasakan oleh Artis Senior Chintami Atmanagara. Nama Chintami Atmanagara perlahan-lahan semakin dikenal sebagai salah satu desainer busana muslim daripada pemain sinetron. Diakuinya bahwa menjadi seorang desainer tidaklah mudah karena harus menemukan inspirasi dalam menghasilkan sebuah karya (busana).

"Terkadang ya grasak-grusuk juga, menentukan tema, dan hanya diberikan waktu satu bulan," kata Chintami Atmanagara di Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waku lalu.

Chintami mengungkapkan dia rela tidak tidur agar hasil rancangannya dapat sesuai dengan waktu yang ditentukan. Semua dilakukan untuk menyiapkan tema sekaligus merancang busana hijab yang akan ditampilkannya.

"Kadang sampai gak bisa tidur. Diajak fashion show satu bulan, menyediakan 10 sampai 15 baju dengan satu tema. Kita buat dari nol. Alhamdulillah sekarang temanya tropikal, kita sudah lama memikirkannya," ungkapnya.

Ke depan Chintami menginginkan idenya soal desain baju tak pernah habis. Ia pun berharap semua karyanya dilihat dan bisa dinikmati oleh semua kalangan dan tentunya laris manis.

"Mudah-mudahan ide saya tidak habis-jabis, dan terima kasih untuk yang suka desain saya. Harapan desainer pasti simpel, banyak yang suka, dan laris manis," ucap wanita yang akrab disapa Chintami itu.

Sebelumnya, ia telah memutuskan untuk berhijab dan akhirnya membuka pintu baru bagi karir Chintami Atmanegara.

Kegemarannya memburu kain dan aksesoris, membawa artis senior ini serius menggeluti dunia mode. Jika sebelumnya hanya mampu berkolaborasi dengan desainer langganan, kini ia mewujudkan ide-ide kreatif dalam koleksi kain-kainnya.

"Dulu paling kalau ke penjahit selalu bawa kain sendiri sama minta dibuatkan baju begini-begini. Tapi setelah memutuskan berhijab akhirnya mau full aja deh di baju," ungkap Chintami di Hotel Bumi Minang, Sumatera Barat pada Selasa, 24 Mei 2016.

Ketenaran sebagai selebritis tak serta merta membuat mudah diterima sebagai desainer pendatang baru. Rasa tidak percaya diri, membuatnya membuka jalur karir dari negara tetangga. Kebiasan bertandang ke Hong Kong dan bergaul bersama komunitas hijab di negara tersebut juga membulatkan tekad untuk membuat sebuah rancangan. (ari/dbs)


Back to Top