Produk Minuman Coklat Asal Makassar Ini 'Mejeng' di Halal Expo Spanyol 2016

gomuslim.co.id– Ajang Spain Halal Expo yang berlangsung pada 10 sampai 11 November 2016 memang sudah berakhir, namun ada yang unik karena kegiatan ini menghadirkan deretan UKM asal Indonesia. Salah satunya adalah Khiyara Chocolate Ginger & Cinnamon yang bertujuan untuk mempromosikan produk halal Indonesia di mata dunia, khususnya benua Eropa dan Afrika.

Dubes RI Yulia Mumpuni berharap ke depan produk halal Indonesia bisa masuk ke Uni Eropa melalui Spanyol yang merupakan pelabuhan penghubung Mediterranian-America Latin-Africa Utara. Spanyol sendiri dikenal sebagai salah satu pintu masuk ke Eropa memiliki tradisi Andalusia sangat dekat dengan negara-negara Muslim.

Untuk diketahui, saat ini terdapat sebanyak 29 perusahaan, penghasil produk halal Indonesia yang menarik perhatian kalangan profesional buyers dan travel agents yang mencari mitra untuk wisata halal dalam pameran Expo Halal Spain 2016 . Yuli Mumpuni menambahkan, partisipasi Indonesia dalam Expo Halal Spain 2016 untuk memperkenalkan pasar produk halal di Eropa dan Afrika Utara kepada pengusaha Indonesia, terutama potensi pasar produk halal cukup menjanjikan.

Yuli Mumpuni juga berujar bahwa keikutsertaan ini akan mendorong partisipasi pengusaha produk halal dari Indonesia untuk ambil bagian dalam pameran itu karena Madrid dan Spanyol strategis, berada di Eropa bagian selatan, berbatasan dengan Afrika Utara yang mayoritas penduduknya muslim. Berbagai produk halal Indonesia yang dipamerkan pada ekspo tersebut, seperti kopi, cokelat, rempah-rempah, mie instant, busana muslim, dan aksesoris.

Berbagai produk itu dari 18 perusahaan industri kecil dan menengah (IKM) Binaan Dinas Perindag Propinsi Jawa Barat, enam IKM anggota Asosiasi Petani Kopi Manggarai, ASIKOM satu perusahaan coklat CV Andalan Utama Makassar, dan tiga perusahaan rempah PT Global Sumatera Lestari MIO, PT Mega Inovasi Organik, Mutu Rempah Sulawesi dan Indofood.

Panitia penyelenggara Anwar Elmezwaghi, Ambar Connect EO menyampaikan pihaknya berkeinginan menunjukkan aspek yang berbeda dari industri halal sesuai dengan tren pasar global, seperti turisme, dan industri halal lainnya. Permintaan yang mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan penduduk Spanyol yang berjumlah 44 juta orang dan turis asing 68 juta per tahun.

Untuk diketahui, Khiyara Chochoo Drink sendiri berdiri sejak tahun 2009 silam dan memproduksi minuman coklat sehat yang bercitasara tinggi dengan bahan baku asli dari alam Indonesia. Khiyara Chocoo Drink adalah produk minuman sehat alami yang dihasilkan dari perpaduan rasa rempah alam Indonesia dan minuman cokelat. Jenis minuman ini merupakan hasil eksperimen sang pemilik yang dipadukan dalam berbagai jenis rasa cokelat.

Pada awalnya usaha ini hanya dipasarkan dalam lingkup keluarga, tetangga dengan latar belakang konsumen yang sangan terbatas. Berkat rasa dan aromanya yang berciri khas hingga menyebar dan dikenal dan diminati di banyak kalangan di masyarakat luas.

Seiring berjalannya waktu dan tingginya permintaan, maka Khiyara Chocoo drink mulai merambah luas mencakup penjualan di toko-toko dan retail Tanah Air. Karena keunikan rasanya, minuman inipun menarik perhatian dan minat dari luar negeri, terutama Negara tetangga. Bukan hanya itu, Khiyara Chocolate Ginger & Cinnamon juga secara resmi telah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Khiyara Chocolate Ginger & Cinnamon sendiri memiliki beberapa varian produk seperti, Khiyara Chocolate Hot Chocolate Ginger, Hot Chocolate Drink, Hot Chocolate Cinnamon, Hot Chocolate Cinnamon (Diabetic), Hot Chocolate Almond. (ari/dbs)


Back to Top