Gaet Wisatawan Muslim Indonesia, Taiwan Kian Gencar Promosikan Wisata Halal

gomuslim.co.id- Tren pariwisata halal makin mendunia. Beberapa negara kini tengah mengembangkan wisata halal. Seperti yang dilakukan negara Taiwan. Demi menggaet pasar konsumen Muslim dunia, Taiwan kini semakin gencar mempromosikan wisata halalnya ke berbagai negara. Khususnya Indonesia yang kini menjadi negara muslim terbesar di dunia.

Indonesia memang menjadi pasar yang menggiurkan. Potensi besar turis Muslim Indonesia menjadi incaran Taiwan. Berbagai fasilitas yang ramah bagi Muslim pun kini menjadi hal utama bagi negara tersebut. Semakin banyaknya Masjid dan hotel halal menjadi bukti keseriusan Taiwan dalam menggaet kunjungan wisatawan Muslim.

Deputi Direktur Taiwan Tourism Bureau, Chang Shi-Chung mengungkapkan Indonesia merupakan pasar yang menggiurkan bagi sektor pariwisata Taiwan. “Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Telah terbuka pasar yang lebar untuk ke sana. Sekarang waktunya untuk Taiwan tampil dan memperkenalkan diri sebagai destinasi yang ramah wisatawan muslim,” ujarnya pada sebuah acara di Grand Hotel Taipei, Jalan Zhong Shan Road Sector 4, Taipei, Taiwan, Selasa (15/11).

Dalam acara Jamuan Makan Siang dan Silaturahmi dengan para Pelaku Industri Pariwisata Indonesia-Taiwan itu, Chang mengungkapkan sudah banyak peningkatan yang terjadi di bidang pelayanan terhadap wisatawan muslim di Taiwan. Buktinya kini sudah banyak tempat-tempat wisata, restoran, hingga hotel yang menyediakan tempat salat, maupun toilet yang dibutuhkan wisatawan muslim.

“Beberapa tempat di Taiwan sudah ramah bagi turis muslim. Saat ini telah disediakan ruang untuk ibadah salat. Selain itu, banyak juga restoran dan hotel yang menyediakan makanan halal. Taiwan sekarang ada di peringkat 7 tujuan wisata muslim dunia, terjadi lonjakan 3 peringkat dari sebelumnya,” jelasnya.

Selain itu, Chang pun menjamin kenyamanan wisatawan muslim Indonesia yang ingin berlibur ke Taiwan. Ia berharap dengan adanya hubungan baik antar sesama pelaku usaha pariwisata kedua negara, akan makin banyak wisatawan yang saling berkunjung, baik Taiwan maupun Indonesia.

“Kita telah siap menyambut wisatawan muslim dari Indonesia. Teman-teman muslim saya jamin akan aman berwisata di Taiwan. Melalui pertukaran ini, kami harap tamu muslim Indonesia merasa nyaman liburan ke Taiwan. Kami juga berharap kerja sama ini terus berlanjut bagi kedua negara,” jelasnya

Dalam kesempatan lain, Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) Priyadi Abadi menuturkan Taiwan saat ini memang menjadi negara yang ramah bagi wisatawan Muslim. “Di kota Taipei ini sudah ada 11 resto halal. Salah satunya yang paling terkenal adalah Kunming Islamic Restaurant,” ujarnya bersama rombongan IITCF yang saat ini sedang berada di Taipei untuk mengikuti Taiwan Moslem Famtrip 2016.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengembangan Pariwisata Taipei Kementrian Pariwisata Taiwan, Cherry Chueh Yu ling berharap dapat mempromosikan pulau tersebut sebagai tujuan yang menarik bagi wisatawan Muslim. Mereka melakukan promosi pemasaran di Kuala Lumpur bekerja sama dengan agen tur Malaysia.

Mereka juga telah membuat iklan yang disebarluaskan di media lokal Singapura untuk mengenalkan Taipei kepada wisatawan Muslim. “Kami ingin menyebarkan pesan, meskipun Taiwan didominasi masyarakat berbahasa Cina, tetapi umat Muslim dapat bersenang-senang dengan nyaman tanpa terganggu kegiatan ibadah mereka,” imbuhnya. (njs/dbs)


Back to Top