Ini Keunggulan Novotel Lombok Resort & Villas untuk Wakili Indonesia di Ajang WHTA 2016

gomuslim.co.id- Setelah berhasil memenangkan Best Halal Friendly Destination yang diadakan Kementerian Pariwisata RI tak lantas membuat Novotel Lombok Hotel berhenti mengukir prestasi. Hotel berbintang empat di Kute Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu sedang menyiapkan diri untuk kembali bersaing di ajang World Halal Tourism Award (WTHA) 2016.

Sebelumnya, hotel ini sempat menyambar gelar juara dunia World's Best Halal Tourism Destination 2015 dan World's Best Halal Honeymoon Destination di tahun yang sama. Di 2016 ini, hotel yang berada di bibir Pantai Kuta Lombok itu dinominasikan menjadi World's Best Halal Beach Resort 2016.

GM Novotel Lombok Resort & Villas, Charles Choi mengatakan semua persyaratan untuk ajang WTHA 2016 sudah komplit. “Di tingkat nasional kami pernah meraih predikat excellent dari supervisor nasional di 2015. Dan tahun ini, kami juga berhasil memenangkan Best Halal Friendly Kemenpar. Ini jadi modal yang bagus buat kami,” ujarnya.

Novotel Lombok Hotel, sengaja dirancang dengan struktur dan style Sasak yang unik. Etalase bagian luarnya beratapkan ilalang yang biasanya digunakan sebagai atap rumah bagi penduduk masyarakat Sasak di pulau Lombok. Namun, pelayanan tetap pada standar internasional. 

Lebih lanjut, Choi mengungkapkan Novotel Lombok Resort & Villas juga telah menyediakan setup kamar hotel yang bisa dinikmati dan digunakan wisatawan Muslim, baik wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. “Biasanya kamar setup halal ini dipesan wisatawan dari Malaysia dan Timur Tengah,” katanya.

Hotel ini sudah menyediakan segala kebutuhan peribadatan bagi wisatawan Muslim. Di dalam kamar, dijamin ada kitab suci Alquran, sajadah, dan arah kiblat. Bahkan di pintu kamar hotel itu juga ditempeli stiker Halal. “Pelayanannya tetap mengacu pada standar internasional,” ucapnya.

Selain itu, berbagai fasilitas juga tersedia di hotel ini. Mulai dari antar-jemput bandara, penitipan anak, kursi berjemur pantai, payung pantai, sarapan, pusat kebugaran, WiFi di area umum, took, layanan pijat, fasilitas rapat, kolam renang outdoor, penyewaan sepeda, fasilitas bisnis, kafe, concierge atau layanan tamu, laundry, restoran, layanan kamar, brankas hingga pantai privat, semua tersedia.

“Bagi yang ingin mencicipi wisata kuliner, tersedia juga banyak makanan halal yang bisa dijadikan pilihan. Sekarang dapur kami sedang dalam proses sertifikasi Dapur Halal. Dan kami tegaskan, Novotel Lombok tidak menyediakan makanan babi,” tegasnya.

Ada banyak pilihan destinasi wisata bahari yang dekat dengan hotel ini. Pantai Seger hadir dengan air lautnya yang tenang dan jernih jaraknya hanya 0,40 km dari Novotel. “Di bagian ini ada monumen Putri Mandalika. Di situ tamu bisa puas berselfie ria di monumen atau di atas jembatan bambunya yang unik. Selain itu bagi yang hobi berenang, snorkeling dan bermain kano, pantai bagian utara inilah spot yang paling pas,” jelasnya.

Selanjutnya, ada juga pantai bagian tengah yang bisa dinikmati. Bagian tengah dari pantai ini diapit oleh bukit dan juga sawah-sawah kecil. “Masyarakat setempat kerap menyebutnya Seger 1. Pantainya berpasir putih dan di tengah-tengah lautnya terdapat tumpukan batu laut hitam yang memiliki jalan setapak dari pinggir pantai,” paparnya.

Lautnya yang berwarna biru dengan ombak yang cukup besar menjadikan bagian ini menjadi surga bagi peselancar. Di pinggir pantainya juga terdapat gazebo-gazebo kecil yang disediakan pengelola pantai agar para pengunjung dapat berteduh sambil duduk menikmati pemandangan dan suasana.

Bagian selatan juga tak kalah eksotisnya. Kawasan ini dikenal sebagai Pantai Seger 2. Bentuk pantainya memanjang. Dan di tempat ini terdapat Batu Tengkong (jamur) karena bentuknya seperti jamur. Di tempat ini wisatawan juga bisa berenang karena ombaknya tidak terlalu besar. Sangat pas bagi para pengunjung yang membawa anak kecil.

Pantai Seger Lombok juga merupakan tempat di adakannya festival Bau Nyale yang merupakan acara adat untuk menangkap cacing laut yang diyakini merupakan jelmaaan dari Putri Mandalika. Acara adat ini biasanya dilakukan sekitar bulan Februari atau Maret di musim penghujan.

List nomor dua yang bisa dijajaki adalah Pantai Serenting dan Torok Bare. Jaraknya hanya 1,20 km dari Novotel. Air laut yang biru ditambah ombak yang cukup besar, menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga atau hanya sekedar berjalan-jalan menikmati pasir putih yang membentang luas.

Ketua Tim Pemenangan Wisata Halal di #WHTA 2016 Don Kardono dan wakilnya Vita Datau Messakh berharap masyarakat netizen bisa mensupport wakil Indonesia ini. “Kita harus kompak #MenangkanIndonesia di World Halal Tourism Award 2016 dengan klik www.Voteindonesia.com, pilih 12 nama yg mewakili Indonesia, dan kita bisa berjaya bersama,” harapnya. (njs/dbs)

 


Back to Top