Perusahaan Ini Rilis Ponsel dengan Desain Khusus untuk Muslim Rusia

gomuslim.co.id- Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar, Indonesia menjadi tempat yang ramah dan nyaman bagi umat Islam. Berbagai fasilitas untuk beribadah seperti Masjid sangat mudah ditemui hampir di setiap tempat. Namun, berbeda halnya dengan negara lain yang penduduk Muslimnya masih minoritas seperti Rusia.

Di negara Eropa bagian timur ini memang sudah banyak Masjid yang tersedia, namun belum begitu menjamur seperti di Indonesia. Baru-baru ini, sebuah perusahaan BQ asal Rusia merilis telepon pintar yang didesain khusus untuk umat Islam. Ponsel tersebut diberi nama ‘Belief’.

Dilansir dari publikasi Lenta.ru, beberapa lalu perwakilan Perusahaan BQ dalam konferensi persnya mengungkapkan bahwa ponsel pintar itu dapat memberitahukan waktu shalat dengan tepat dengan mengumandangkan suara adzan. Telepon genggam yang dibanderol dengan harga 6000 rubel (sekitar 1,3 juta rupiah) ini dapat menunjukan lokasi Majid terdekat dan menentukan arah kiblat.

“Ponsel pintar ini akan sangat membantu umat Islam ketika berada di wilayah baru Rusia yang belum ia kenal. Tersedianya aplikasi pengingat waktu shalat yang tepat, memberitahu lokasi Masjid terdekat dan penentuan arah kiblat dapat membantu memberikan kemudahan bagi Muslim untuk beribadah, khususnya shalat lima waktu,” ujarnya.

Selain itu, dengan menggunakan bantuan GPS, ponsel ini juga dapat menunjukan restoran terdekat yang menyajikan menu-menu halal. Ponsel cerdas 'Belief' juga sudah ditanamkan aplikasi Alquran yang dapat dibaca dalam format teks biasa maupun dengan format buku audio. Pengguna ponsel juga dapat dengan mudah membagikan ayat Alquran melalui e-mail, atau mengunggahnya ke sejumlah jejaring sosial.

“Kelebihan lainnya pada ponsel ini juga dapat mengakses langsung rekomendasi tempat makan yang halal dengan bantuan GPS. Bisa juga para pengguna membaca dan mendengarkan Alquran secara langsung dari ponsel. Bahkan ayat Alquran dapat dibagikan di beberapa media sosial,” tambahnya.

Ditambah lagi, ponsel cerdas 'Belief' sudah beroperasi dengan sistem Android 6.0. Ponsel ini juga dilengkapi layar beresolusi HD berukuran lima inci, dengan memori internal sebesar delapan gigabyte yang dapat ditingkatkan berkat slot memori eksternal yang dimilikinya.

Wakil dari Administrasi Spiritual Pusat Muslim Rusia Timur, Imaev menuturkan dengan meningkatnya jumlah populasi Muslim di Rusia juga harus dibarengi dengan kebutuhan komunitas Muslim tersebut. “Sebelum membuat ponsel tersebut, para ahli mempelajari kepentingan umat Islam untuk beribadah, dengan tersedianya aplikasi Alquran diharapkan dapat membantu umat muslim di Rusia,” kata Imaev dalam publikasi muslimvillage.

Ponsel khusus bagi umat Muslim ini dijual secara serentak pada akhir November 2016. BQ-Mobile selaku produsen ponsel tersebut menjual dengan harga murah dan terjangkau oleh masyarakat Muslim Rusia. “Ponsel pintar ini kami jual dengan harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat khususnya umat Islam. Kami berharap hadirnya ponsel ini dapat membantu menunjang aktivitas sehari-hari di Rusia,” kata salah satu perwakilan BQ Mobile. (njs/dbs)


Back to Top