Imbangi Pertumbuhan Populasi Muslim, Pemerintah Zimbabwe Segera Bangun Sekolah Islam

gomuslim.co.id- Perkembangan populasi Muslim di beberapa negara terus mengalami peningkatan. Salah satunya adalah di negara Zimbabwe. Negara bagian selatan Afrika itu berencana membangun sekolah-sekolah Islam. Hal ini dilakukan pemerintah seiring dengan bertambahnya jumlah umat Islam di Zimbabwe sekaligus memberikan kelonggaran peraturan sebagai bentuk integrasi muslim di masyarakat.

Menteri Pemerintah Pendidikan Dasar dan Menengah Zimbabwe, Lazarus Dokora mengatakan rencana pemerintah ini telah disampaikan kepada komunitas muslim setempat. Namun, rencana ini masih belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat karena belum tersedianya sumber daya manusia yang cukup untuk dapat dipekerjakan di sekolah-sekolah tersebut.

“Rencana untuk mendirikan sekolah Islam ini belum dapat direalisasikan dalam waktu dekat. Ada beberapa masyarakat yang melakukan protes Mereka khawatir sekolah Islam akan menjadi ancaman bagi negara. Namun hal ini tetap akan kami pertimbangan mengingat jumlah penduduk beragama Islam terus mengingkat,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Africanexponent.com.

Islam memang telah mengalami pertumbuhan di Zimbabwe. Saat ini jumlah muslim di Zimbabwe dua persen dari populasi yang berjumlah 15 juta. Meskipun proporsinya tidak tampak mengesankan, namun angka tersebut adalah prestasi yang signifikan di negara tersebut. Apalagi selama ini Islam dianggap sebagai agama untuk orang asing di Zimbabwe. Namun dengan adanya pertumbuhan ini, maka Islam disepakati sebagai agama di Zimbabwe.

Sejak Islam menemukan jalan di negara itu, semakin umum ditemui mualaf yang mengenakan atribut Muslim dan jubah datang ke masjid-masjid untuk beribadah dan mempelajari Alquran. Para pakar mengatakan di masa lalu agama Islam dipraktikkan dalam isolasi. Tetapi sekarang telah mulai mengambil hati penganut agama lain sikap dalam beberapa dekade terakhir. “Dengan meningkatnya jumlah kalangan pemuda yang terdidik, Islam menyebar kian cepat (di Zimbabwe),” kata media itu.

Alasan lain yang mendorong pertumbuhan dan penyebaran Islam adalah meningkatnya ketersediaan literatur Muslim. Hal ini disebar oleh Syaikh Anubi Twabi, seorang administrator di Africa Muslim Agency di Harare. Peran besarnya sangat berpengaruh terhadap perkembangan umat Islam disana.

Selain itu, ketersediaan beasiswa pendidikan Islam menyebabkan semakin banyak orang Zimbabwe yang menjadi mualaf. Tercatat ada sekitar 13 kedutaan Islam di negara itu dan menawarkan beasiswa bagi siswa Muslim untuk melanjutkan studi di negara-negara Islam.

Menurut guru agama Islam Syaikh Binali, konstitusi Zimbabwe 2013 telah membuat komunitas Muslim lebih mudah menyebarkan pesan atau risalah Islam. “Konstitusi juga telah memungkinkan umat Islam bergerak lebih bebas, terutama di daerah-daerah pedesaan tempat mereka dicap sebagai orang asing oleh penduduk berbagai daerah yang mereka datangai untuk berdakwah,” ujarnya.

Ketersediaan pendidikan Islam di negara asing juga menjadi faktor lainnya. Tercatat saat ini terdapat 13 kedutaan Islam di Zimbabwe. Kedutaan menawarkan beasiswa untuk siswa muslim yang ingin melanjutkan studi mereka di luar negeri dan di negara-negara Islam. (njs/dbs)


Back to Top