Permudah Akses Informasi Jemaah Haji, India Gagas Aplikasi Ponsel Pintar

gomuslim.co.id- Pertumbuhan pasar teknologi di India adalah yang tercepat di dunia. Selama 10 tahun terakhir, pengguna internet naik dari 10 juta menjadi 100 juta pengguna. Fakta lain yang diungkapkan oleh lembaga riset bernama IDC Research. Kiran Kumar, sang manajer dari IDC menyatakan bahwa China dan Amerika serikat justru melemah karena mulai jenuh dengan teknologi. Sementara, pengguna smartphone di India hanya 18 hingga 20 persen saja.
 
Namun, pemerintah India punya kebijakan sendiri atas meroketnya konsumen teknologi di negaranya. Pemerintah India menerapkan kebijakan Make in India,yang membuat perusahaan domestik maupun luar India membayar pajak untuk pabrik di India.
 
Baru-baru ini, India menggagas sebuah misi teknologi untuk calon jemaah kemajuan Haji di India. Saat  ini India sedang mengembangkan sebuah aplikasi ponsel yang akan terintegrasi dengan ponsel jemaah haji tahun depan. Aplikasi ini memiliki fitur informasi yang dibutuhkan jamaah haji termasuk operator haji swasta dan jamaah haji domestik Arab Saudi. 
 
Dilansir dari publikasi Saudi Gazette, Konjen India di Jeddah Mohammed Noor Rahman Sheikh mengatakan tugas pertama misi haji India sejak terbentuk 2014 lalu di Saudi adalah membuat aplikasi inovatif yang menggunakan GPS saat pelaksanaan haji. 
 
Aplikasi ini bernama Sistem Informasji haji India. Aplikasi nantinya akan terintegrasi dengan komite haji di India. Mohammed Noor Rahman Sheikh mengatakan aplikasi ini dilengkapi dengan info lokasi akomodasi sehingga memudahkan jamaah.
 
"Kami memiliki ambisi untuk mengintegrasikan sistem IT dengan sistem manajemen keluhan melalui online, whatsapp, twiter, nomor bebas pulsa dan email. Sistem ini akan terintegrasi," ungkap Noor.
 
Saat ini aplikasi tersebut baru diunduh 55 ribu pengguna.  Pihaknya akan mengumpulkan data jemaah haji dan petugas haji dan menghubungkannya dengan server yang ada di kantor konsulat dan komite haji. Mereka menargetkan musim haji tahun depan akan meningkat 10 kali lipat. Selain aplikasi, Sheikh mengatakan India juga akan membuat gelang elektronik bagi jamaah haji. Meskipun rencana ini telah berjalan sejak tahun lalu, tetapi gelang tersebut belum dapat digunakan tahun ini. 
 
Dilansir dari Cnet, India menambah 100 juta pengguna internet pada tahun lalu, dan total ada 400 juta pengguna internet di negeri Bollywood tersebut. Jumlah tersebut bahkan melebihi jumlah penduduk di Amerika Serikat. Namun berdasarkan prediksi, 800 juta orang masih belum terkoneksi internet, dan raksasa-raksasa teknologi sudah siap untuk menjadi bagian dari meledaknya konsumen teknologi di India. (nat/dbs)

Back to Top