Jadi Idola Baru Musisi Muslim Dunia, Harris J Mengaku Terinspirasi dari Maher Zain

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, musisi Muslim asal Inggris Harris J mengaku bahwa sosok Maher Zain merupakan inspirasinya dalam berkarier di industri musik. Bakat Harris memang ditemukan Maher saat menjadi juri Awakening Talent Contest 2013 lalu. Penyanyi yang terkenal dengan sebutan kembaran Justin Beiber dari Inggris ini, merupakan  pelantun lagu religi yang menjadi pemenang ajang tersebut.
 
Penyanyi asal Inggris yang juga hafidzh ini menjadi idola baru dan sempat membuat heboh remaja dunia akhir November 2015, Harris mulai dikenal lewat albumnya yang terpopuler yaitu “Salam Alaikum”. Penghafal 7 Juz Alquran ini merupakan warga negara Inggris keturunan India dan Irlandia yang lahir di Inggris, Chelsea, 3 Maret 1997.
 
Pada usia dini, bakat alami Harris dalam bernyanyi mulai nampak. Ketika ia berusia lima tahun, ia mulai bernyanyi dan tampil di depan umum, sekolah dan pertemuan. Penguasaan bacaan bahasa Arab klasik dengan nada dan teknik vokal dari musik rakyat Irlandia menciptakan bakat artistik.
 
Saat jumpa pers di kantor Warner Music Indonesia, Selas (15/11) Harris J mengaku bahwa sebenarnya tidak ada  satu orang khusus yang jadi inspirasi, tapi salah satu yang menjadi role model dirinya adalah Maher Zain. 
 
Maher merupakan mentor Harris dalam bermusik. Maher pula yang menciptakan lagu “Love Who You Are” yang dibawakan Harris. Pertemuan Harris dengan Maher Zain yakni saat menjadi peserta Awakening Talent Contest. Saat itu Maher menjadi juri acara tersebut.
 
Maher Mustafa Maher Zain adalah penyanyi, penulis lagu, dan produser musik asal Swedia berdarah Lebanon. Dia Merilis album perdananya berjudul Thank You Allah tahun 2009 oleh Awakening Records dan menjadi album yang sukses sekaligus mengangkat kembali pamor musik Islam di dunia. Album keduanya yang berjudul ‘Forgive Me’ dirilis tahun 2012 oleh label yang sama. 
 
Maher tidak hanya bernyanyi dalam bahasa Inggris saja, ia juga bisa bernyanyi dengan bahasa lain. Lagu ‘Insha Allah’ di album perdananya ia nyanyikan dengan berbagai macam bahasa yaitu Arab, Turki, Perancis, Melayu, serta Indonesia. Lagu lainnya seperti "Allahi Allah Kiya Karo" ia nyanyikan dalam bahasa Urdu di bagian reefnya dan juga ia nyanyikan bersama dengan penyanyi muslim asal Kanada Irfan Makki.
 
Pada bulan Januari 2009, Maher bekerja sama dengan perusahaan musik Islam Awakening Records mulai membuat proyek album perdananya dan akhirnya pada tanggal 1 November 2009, album perdana Maher dirilis dengan nama ‘Thank You Allah’. Album tersebut berisi 13 lagu dengan 2 lagu tambahan. Album ini dirilis kembali dalam versi perkusi dan versi bahasa Perancis yang ada di salah satu lagu tersebut.  
 
Saat ini Harris J sedang mengadakan tur konser di Indonesia. Acara tersebut digelar pada, Sabtu (19/11) di Gandaria City Jakarta sekaligus mengkampanyekan stop bullying ke sekolah-sekolah di Indonesia  (nat/dbs)
 

Back to Top