Desainer Muslim Fashion Zaskia Sungkar Akan Berbagi Tips Bisnis Syariah di FLASH 2016

gomuslim.co.id- Seorang artis sekaligus desainer muda yakni Zaskia Sungkar dijadwalkan akan mengisi talkshow inspiratif pada Festival Lampung Syariah 2016 mendatang. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan, mengungkapkan bahwa Festival Lampung Syariah guna mendorong berkembangnya ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia yang diselenggarakan selama 6 hari penuh, sejak 17 November hingga 22 November 2016 itu juga menghadirkan artis lainnya, yakni Cak Lontong.

Ia menyebutkan, Zaskia Sungkar, lanjutnya, akan menjadi narasumber tentang e-bussiness berbasis syariah yang ditekuninya bersama pemateri lainnya, pada Ahad (20/11). Arief menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan Indonesia 'Shari'a Economic Festival (ISEF) 2016 pada 25 hingga 30 Oktober 2016, di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menurut dia, kegiatan tersebut rencananya akan menjadi agenda tahunan Bank Indonesia Provinsi Lampung yang untuk pertama kali akan diselenggarakan selama 6 hari penuh, sejak 17 November hingga 22 November 2016. Kegiatan ini juga rencananya akan dibuka oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dan juga melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asbisindo, BMPD, serta Dinas Pendidikan Provinsi Lampung.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan diseminasi yang menghadirkan narasumber yang dapat menginspirasi masyarakat dalam merencanakan pengembangan usaha terutama bisnis berbasis syariah, antara lain pengembangan usaha kuliner atau makanan halal dan sehat, membangun usaha bisnis syariah secara online, hingga mengelola keuangan/manajemen bisnis yang baik.

Rangkaian kegiatan, antara lain lomba seni budaya Islam, serta kontes aksi komedi mahasiswa di Lampung yang dibalut dalam acara "Wat-Wat Gawoh". Kegiatan itu juga dimeriahkan oleh lomba cerdas cermat kebanksentralan dan ekonomi atau perbankan syariah untuk SMA/sederajat di Kota Bandarlampung dan sekitarnya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan terjadinya kesamaan pemahaman baik dari regulator, masyarakat maupun pelaku usaha bahwa ekonomi syariah merupakan bagian penting dalam tatanan perekonomian nasional.

Masyarakat juga semakin mengenal berbagai produk dan jasa halal, serta manfaatnya. Dari sisi Bank Indonesia, diharapkan adanya masukan dari masyarakat bagaimana mengembangkan ekonomi syariah secara efektif dan optimal, dan yang lebih penting lagi adalah menguatnya semangat bersama untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Lampung. Festival Lampung Syariah atau FLASH sendiri akan diselenggarakankan untuk pertama kalinya dan berlangsung selama enam hari yang dimulai pada tanggal 17 sampai 22 November.

Menurut Ketua MUI Provinsi Lampung KH Khairudin Tahmid, FLASH akan dimeriahkan dengan berbagai lomba islami seperti pentas seni budaya Islam, bedah buku, qiroatul kutub dan lomba pidato bahasa arab. Selain itu ada beberapa kegiatan yang mengiringi seperti talkshow ekonomi syariah, pameran produk halal, serta jasa berbasis syariah.

Kegiatan yang akan diselenggarakan di Mall Bumi Kedaton, lanjut Wakil Rais Syuriyah PWNU Lampung ini, MUI akan berpartisipasi dalam bentuk edukasi, promosi, konsultasi produk halal, sertifikasi halal di stand MUI yang sudah disiapkan. (ari/dbs)


Back to Top