KARUGAMI-Hijab Motion-Annisa Travel

Kajian Rutin Keluarga Islami: Begini Rahasia Membina Keluarga Harmonis dalam Islam

gomuslim.co.id- Keluarga yang harmonis merupakan dambaan setiap manusia. Sedangkan mempunyai keluarga yang diridhai Allah adalah dambaan setiap muslim. Hijab motion bekerja sama dengan Annisa Travel dan gomuslim menggelar Kajian Rutin Keluarga Islami (KARUGAMI. Acara ini adalah kajian bulanan yang berlangsung untuk memberikan ilmu dan sharing pengalaman terkait pernikahan.

Bulan November 2016, KARUGAMI  mengusung tema kajian‘Kewajibanku Adalah Hakmu’ yang berlangsung pada Sabtu (19/11/2016) bertempat di Aula Mabrur  Annisa Travel, Jakarta Selatan. Pada kesempatan ini, KARUGAMI menghadirkan dua pembicara, yaitu  Ustadz Asep Fakhri dan sharing session bersama Ummu Balqis, seorang penulis dan fashion designer.

Acara siang itu dimulai dengan sharing session bersama Ummu Balqis. Dalam pemaparannya, Ummu Balqis mengaku senang kalau saat ini di Indonesia makin banyak kajian keIslaman soal pernikahan. Karena, katanya, hal ini penting untuk emmberikan ilmu kepada para calon pengantin dan menguatkan ilmu para pasangan yang sedang membina rumah tangga.

“Sebelum menikah kita harus mengutarakan dari awal apa-apa yang akan menjadi komitmen ke depan. Misalnya soal pedidikan, pilihan bekerja atau tidak setelah menikah untuk sang istri, dan lainnya. Hal ini penting, agar tidak ada miss communication di antara suami dan istri kelak ke depannya, “ kata Ummu Balqis.

Selain itu, Ummu Balqis juga berpesan kepada puluhan peserta kajian yang didominasi oleh para muslimah ini agar senantiasa tahu hak-hak dan kewajiban masing-masing, serta saling menghargai. “Setelah menikah untuk perempuan menjadi terikat dengan suami. untuk laki-laki menjadi bertambah tanggung jawabnya. Karena itu, penting menjalin hubungan yang baik, misalnya  kalau saya yang sudah menikah selama belasan tahun, saya dan suami selalu menyempatkan ‘pacaran’ minimal seminggu sekali untuk ngobrol berdua menyatukan chemistry dan ‘uneg-uneg’ jika ada dan itu tidak dengan anak-anak. Jadi benar-benar quality time, “ jelasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Ustadz Asep Fakhri juga memberikan tausiyah kepada peserta kajian. Kata Ustadz asal Sukabumi ini, ada tiga hal yang membuat rumah tangga bahagia, yaitu bisa dari pihak suami, istri, dan anak.

“Karena itu, ada kan suami dan istri yang sudah menikah puluhan tahun tapi belum dikasih anak ada juga yang sudah menikah dan punya anak, tapi sering adu paham soal cara mendidik anak yang beda. Inilah yang bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk senantiasa bersyukur dan paham hak juga kewajiban masing-masing, “ papar Ustadz Asep.

Dengan mengetahui dan fokus pada hak juga kewajiban masing-masing (suami dan istri), kata Ustadz Asep, rumah tangga bisa menjadi semakin harmonis dan langgeng. “Apalagi, Rasulullah Muhammad SAW. dalam Hadist riwayat Bukhori Muslim mencontohkan kepada kita bahwa penting bagi suami dan istri untuk berinteraksi secara intens, seperti untuk suami harus menggauli istri dengan baik, dan untuk istri bisa bersahabat penuh canda dan keakraban bersama suami, “ pungkasnya.

Adapun, KARUGAMI bulan November 2016 ini menjadi kajian ke-4 yang berlangsung tahun ini sejak Hijab Motion dibentuk pada event di fX Mall Sudirman, Mei 2016 lalu. Untuk membina komunitas dan memberikan wadah belajar bersama, Hijab Motion secara rutin menggelar kajian ini. Tidak hanya event pameran hijab dan kajian Islam, komunitas ini juga akan menggelar bakti sosial ke panti asuhan adik-adik disabilitas di Depok pada Desember 2016 mendatang. (fau) 


Back to Top