Festival Seni Qasidah Tingkat Nasional 2016 Siap Digelar

gomuslim.co.id- Qasidah adalah seni suara yang bernafaskan Islam, di mana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai ajaran Islam. Biasanya lagu-lagu itu dinyanyikan dengan irama penuh kegembiraan yang hampir menyerupai irama-irama musik dari Timur Tengah dengan diiringi rebana, yaitu sejenis alat tradisional yang terbuat dari kayu, dibuat dalam bentuk lingkaran yang dilobangi pada bagian tengahnya kemudian di tempat yang dilobangi itu di tempel kulit binatang yang telah dibersihkan bulu-bulunya.

Awalnya rebana berfungsi sebagai instrument dalam menyayikan lagu-lagu keagamaan berupa pujian-pujian terhadap Allah SWT dan RasulNya, salawat, syair-syair Arab, dan lain lain. Karena itu, alat musik ini sebut rebana yang berasal dari kata rabbana, artinya wahai Tuhan kami (suatu doa dan pujian terhadap Tuhan)

Karena menjadi sebuah kesenian yang identik sekali dengan agama Islam, menjadi salah satu alasan kegiatan atau festival Qasidah seringkali diadakan di Indonesia. Salah satunya baru-baru ini, Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional XXI tahun 2016 di Provinsi Lampung yang siap digelar mulai tanggal 23 November hingga 27 November 2016. Festival ini diikuti oleh berbagai provinsi yang berasal dari seluruh Tanah Air. Tercatat sebanyak 30 provinsi se-Indonesia menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi dalam festival tersebut.

"Empat provinsi lainya, yakni Provinsi Bangka Belitung, Papua, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau, tahun ini tak turut berpartisipasi," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Bayana, Senin (21/11).

Dikatakan Bayana, Provinsi Lampung telah ditetapkan sebagai tuan rumah Kegiatan Kegiatan Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional XXI berdasarkan Keputusan Rapat Pimpinan Nasional Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) di Kendari Sulawesi Tenggara, pada 18 November 2015 lalu.

Menurutnya, dalam rangka menyukseskan berbagai kegiatan dalam penyelenggaraan festival tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung melakukan serangkaian persiapan serta koordinasi agar acara tersebut nantinya berjalan sukses dan lancar. Kegiatan bertaraf nasional tersebut, menurutnya, sudah 30 provinsi dari seluruh Indonesia yang telah menyatakan kesiapannya untuk turut serta dalam festival tersebut sedangkan 4 Provinsi lainnya tidak turut berpartisipasi.

Bayana mengimbau masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan acara tersebut serta menjadikan ajang untuk mempromosikan Lampung kepada provinsi lain di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Ketua Harian DPW Lasqi Provinsi Lampung Ellya Muchtar mengatakan bahwa kegiatan ini diisi oleh berbagai perlombaan di antaranya lomba bintang vokalis yang akan dibagi dalam tiga kategori yakni, kategori anak-anak (putra/putri) usia 7 sampai 14 tahun; kategori remaja (putra/putri) usia 15 sampai 24 tahun dan kategori dewasa (putra/putri) usia 25 sampai 40 tahun.

Selain itu, ada lomba fashion muslimah yang dibagi dalam kategori putra dan putri, bazar produk kearifan lokal, seminar musik Islami dengan mengusung tema "Menelisik Perjalanan Musik Islami di Indonesia" yang direncanakan diikuti oleh seratus peserta dari DPW Lasqi se-Indonesia, DPD Lasqi kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, praktisi seni musik Islami dari organisasi, sanggar, dan lembaga seni budaya.

"Dalam acara ini akan menghadirkan 19 dewan juri, dari DPP LASQI ditambah juri daerah yang dipilih dan ditetapkan dengan keputusan Gubernur Lampung," pungkas Bayana. (ari/dbs)


Back to Top