Inggris Makin Serius Gaet Konsumen Muslim, Inilah 11 Restoran Halal di Kota Bola Liverpool

gomuslim.co.id- Jejak Islam di Inggris telah ada pada sekitar 1.000 tahun silam, sedangkan pertumbuhan kaum Muslim di Inggris baru berlangsung pesat pada awal abad ke- 18, seiring datangnya para imigran Muslim dari India. Pada masa awal perkembangan itu, kaum Muslim terkonsentrasi di beberapa kota besar yang menjadi pusat perdagangan maupun kota pelabuhan, seperti Cardiff (Wales), Glasgow, London, dan Liverpool.
 
Liverpool adalah sebuah kota dan distrik metropolitan di Merseyside, Inggris. Liverpool terletak di sebelah tebing timur Muara Sungai Mersey di bagian barat laut Inggris. Kota ini dibangun di kawasan berbukit rendah, dengan kawasan Bukit Everton setinggi 70 meter sebagai kawasan tertinggi.
 
Kini Liverpool tak hanya menjadi daerah tujuan para pencinta bola. Wilayah ini siap menyambut para wisatawan Muslim dengan tersedianya restoran halal dengan berbagai menu. Di Liverpool, Inggris, setidaknya ada 11 restoran yang menyediakan bahan masakan dan makanan halal.
 
Sebagaimana dilansir dari publikasi Liverpool Echo, inilah daftar restoran halal di negara bola tersebut:
 
Pertama, Bakchich. Restoran ini menjual menu makanan dan jajanan kaki lima dari Lebanon. Restoran ini berlokasi di Bold Street. Menu yang disajikan berasal dari Timur Tengah, misalnya Ayam Shawarma, hummus, dan koftas.
 
 
Kedua, Shiraz. Semua daging yang disajikan di Shiraz Turkish BBQ diklaim halal. Restoran ini terletak di North John Street, di pusat kota Liverpool. Shiraz telah mendapatkan sertifikasi dan penghargaan dari Trip Advisor. Walaupun kecil, restoran ini menyajikan menu yang lengkap dan nikmat.  
 
Ketiga, Koop. Koop berlokasi di dekat Bakchich, di Bold Street. Restoran ini juga membuka cabang baru di Aigburt Vale. Keduanya menyediakan menu makanan halal. Koop terkenal dengan menu ayam yang disajikan dalam berbagai bentuk, ukuran, dan pilihan rasa.
 
Keempat Remora. Remora adalah restoran India dengan konsep takeaway. Menu yang ditawarkan adalah makanan-makanan khas India yang diklaim terbuat dari daging halal. Remora mendapatkan review dari Trip Advisor sebagai restoran yang kecil, nyaman, dan menyenangkan.
 
Kelima, Forno. Forno adalah restoran Italia yang memenangkan penghargaan. Berlokasi di Duke Street, rumah makan ini menyajikan menu-menu yang diklaim 100 persen halal. 
 
Keenam, Spice City. Seperti Remora, Spice City menyediakan menu makanan India. Restoran ini menyajikan serangkaian menu, mulai dari yang klasik hingga kontemporer. Ada juga pilihan takeaway dan pemesanan via website maupun aplikasi online.
Restoran ini mengklaim bahwa makanan yang disediakan memiliki cita rasa asli India. Semua daging yang digunakan halal, kecuali untuk steak. Restoran ini dapat ditemukan di Stanley Street, di pusat kota Liverpool.
 
Ketujuh, Sapporo. Dari namanya, dapat diketahui bahwa restoran ini menyediakan menu makanan Jepang. Di rumah makan ini, kita bisa melihat menu telah dipesan dimasak di hadapan kita. Ada yakitori, tepanyaki, dan berbagai menu lainnya. Jika tak yakin dengan kehalalan makanan yang disajikan, pengunjung dipersilakan untuk bertanya.  
 
Kedelapan, eastZeast. eastZeast terletak di Kings Dock, Liverpool. Restoran ini menyediakan menu-menu India dan makanan tradisional Punjabi. Rumah makan ini sering menjadi tempat berlangsungnya berbagai acara dan menyediakan ruang pertemuan dengan kapasitas 200 orang. Asiknya lagi, tempat ini menyediakan layanan bebas parkir.
 
Kesembilan, Kasbah. Kasbah ada di Bold Street. Restoran ini menyediakan menu-menu khas Maroko. Makan malam akan terasa lebih berkesan dengan wangi-wangian, musik, dan dekorasi yang eksotik. Ada banyak pilihan makanan halal, mulai dari ayam, salad, hingga nasi goreng.
 
Kesepuluh, KO Gril. KO Grill juga berlokasi di Bold Street. Restoran ini menawarkan menu makanan panggang ala Timur Tengah, terutama India dan Pakistan. Daging yang digunakan bersumber dari peternakan lokal dan diklaim halal. Campuran antara daging panggang dan ayam muda menjadi menu favorit di tempat ini.
 
Kesebelas, Crust. Crust, berlokasi di Bold Street, menyediakan “Pizza Pollo” halal. Menu dengan sistem takeaway ini sudah cukup popular di Liverpool. Ayam yang digunakan diklaim 100 persen halal. Pizza Polli yang disajikan kaya akan mozzarella, dada ayam, kentang, keju parmesan, dan rosemary yang dijamin aman dikonsumsi. Restoran ini juga menyediakan berbagai pilihan toping. (nat/dbs)

Back to Top