Perpanjang Kerja Sama Pendidikan, Kemenag RI Bertekad Kenalkan Islam di Negeri Kincir Angin

gomuslim.co.id- Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Kementerian Pendidikan dan Budaya Belanda telah menjalin kerja sama sejak 2015 dan akan dilanjutkan hingga 2020 mendatang. Hal demikian dilakukan seiring dengan meningkatnya minat mahasiswa Indonesia untuk menimba ilmu di Belanda.

Belanda menjadi salah satu negara tujuan pelajar Indonesia untuk menimba ilmu karena mempunyai sejumlah universitas ternama. Tercatat, di tahun ini saja, ada 1.500 mahasiswa yang menempuh pendidikan di Negeri Kincir Angin. Angka tersebut meningkat 15 persen dari tahun sebelumnya.

Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Islam, Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin mengungkapkan perluasan jaringan kerjasama dengan pemerintah Belanda di bidang pendidikan ini dalam rangka mengenalkan muslim di perguruan tinggi yang ada di Belanda. “Tahun ini, Indonesia kembali membuka kerja sama di bidang pendidikan dengan Belanda yang sebenarnya telah dimulai sejak tahun lalu,” katanya.

Lebih lanjut Kamaruddin mengatakan, dengan adanya perpanjangan kerjasama ini, diharapkan akan semakin mensyiarkan agama Islam di negara tersebut. “MoU yang ditandatangani adalah pendidikan di bidang keislaman di Universitas Leiden," ujarnya dalam pertemuan bertajuk Exploring Cooperation in Islamic Education di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (22/11).

Kamaruddin menjelaskan tujuan utama kerja sama ini selain memperluas akses masyarakat Indonesia terhadap pendidikan Islam di Belanda, juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih gelar PhD di Universitas Leiden di bidang keislaman. “Ini kesempatan baik buat mahasiswa yang tengah mengejar S3 disana,” jelasnya.

Ia menambahkan dari beasiswa yang diberikan Kemenag kepada pelajar di Indonesia, kebanyakan dari mereka memilih jurusan pendidikan. “Dominasi terbesar memang jurusan pendidikan. Kami juga berharap bahwa penerima beasiswa dari Kemenag untuk belajar ke Belanda terus meningkat,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perguruan Tinggi dan Pendidikan, Sains, dan Budaya Belanda, Feite Hofman menyambut baik kerja sama yang baru saja dibentuk kedua negara. “Saya sangat menantikan program yang baru lahir ini. Saya berharap kerja sama ini akan semakin berkembang di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Hofman juga mengungkapkan, kerja sama di bidang pendidikan dengan Kemenag menjadi salah satu pondasi mempererat hubungan bilateral Belanda dan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. “Kami juga membuka kesempatan para mahasiswa dan mahasiswi dari universitas Islam di Indonesia untuk mengambil studi Doktor di Leiden,” tuturnya.

Selain itu, ada pula pemberian beasiswa untuk summer schools bagi para mahasiswa Muslim di Indonesia untuk bisa mengecap studi singkat di Belanda. Biasanya, summer schools di Belanda memakan waktu dua hingga tiga pekan. “Nantinya, para mahasiswa akan mengikuti program sekolah musim panas di mana akan disiapkan program keahlian akademis di bidang keislaman,” imbuhnya.

Saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang jumlah pelajarnya cukup signifikan di luar negeri. Sebut saja beberapa negara favorit yang menjadi tujuan utama para pelajar Indonesia di antaranya Belanda, Inggris dan Amerika Serikat (AS). (njs/dbs)  

 


Back to Top