Fashion Muslim Indonesia Jadi Primadona di Beberapa Negara Dunia

gomuslim.co.id– Berhijab merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslimah. Pasalnya dengan menggunakan hijab, mereka dapat menutup aurat mereka dari pandangan lawan jenis. Saat ini, hijab bukan hanya sebagai tuntuan, melainkan telah menjelma menjadi gaya hidup, tren fashion dan bahkan mendorong para pelaku UKM dan desainer Tanah Air untuk mulai terjun kedunia bisnis yang dapat menggerakan perekonomian negara.

Berbicara mengenai fashion dan gaya hidup, banyak juga remaja puteri Tanah Air yang sering menggunakan hijab untuk kesehariannya, ternyata bukan hanya di Indonesia saja produk fashon dan hijab karya anak bangsa di sukai, melainkan banyak juga karya mereka yang sudah snggah dan bahkan diterima dengan sangat baik di negara lainnya khususnya yang memiliki mayoritas penduduk muslim.

Potensi industri fashion muslim dan hijab Indonesia disukai negara besar di dunia.  Selain Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Kanada, Belgia, Australia, Republik Rakyat Tiongkok, dan Uni Emirat Arab, Jepang, dan negara tetangga Malaysia. Terbaru, negeri yang terkenal dengan fashion, musik dan drama yakni Korea Selatan juga sangat menggandrungi busana muslim buatan desainer Indonesia.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan komoditas fashion muslim dan hijab di Indonesia tidak pernah surut peminat di negara besar. Pemerintah pun mendukung bidang itu menjadi produk yang patut diperhitungkan di pasar internasional.

“Perkembangan fashion Muslim Indonesia didorong oleh tumbuhnya perancang-perancang fashion hijab muda berbakat dan komunitas hijab. Komunitas ini mampu menampilkan citra fashion hijab yang trendi dan tetap sesuai kaidah agama. Kemendag meyakini meningkatnya pertumbuhan komunitas hijab ini akan mendekatkan cita-cita Indonesia sebagai pusat fashion muslim,”  kata Oke dalam keterangan resmi yang diterima gomuslim. 

“Kami berharap kreativitas dan daya saing perancang fashion hijab terus berkembang. Dukungan dari masyarakat umum, pihak swasta, akademisi, dan pemerintah juga diperlukan dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia” tambah dia.

Selain fashion, industri produk halal Indonesia juga sangat beragam, mulai dari destinasi wisata halal sampai dengan produk makanan dan minuman juga cukup diminati oleh negara-negara Eropa dan Amerika. Tidak jarang juga para pelaku UKM produk halal Indonesia yang sering diajak untuk mengikuti pameran internasional di luar negeri. (ari/dbs)


Back to Top