Ungkap Sejarah Islam di AS, Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 Siap Tayang Desember 2016

gomuslim.co.id- Setelah beberapa waktu lalu merilis teaser, Max Pictures secara resmi mengeluarkan poster film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2. Dalam poster tersebut kembali ditampilkan kata-kata "Apakah Muslim Penemu Amerika?" yang memancing rasa penasaran publik.

Berperan sebagai Hanum, Acha Septriasa mengaku film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 memang sangat menarik untuk diikuti.

"Kalau dari cerita film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 sendiri, memang dinasti Tiongkok muslim penemu Benua Amerika. Ada yang bilang dahulu kala juga ada ilmuwan Spanyol yang menemukan Benua Amerika. Jadi menurut saya, hal tersebut sangat menarik untuk ditelusuri. Apalagi dibuat kisahnya di film," ujar Acha. 

Hal serupa juga diungkapkan Abimana Aryasatya, yang memerankan tokoh Rangga. Menurutnya, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan "Apakah muslim yang menemukan Amerika?" bisa dilihat dalam filmnya.

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 bercerita saat Hanum (Acha Septriasa) dan Rangga (Abimana Aryasatya) berniat kembali ke Wina setelah menunaikan tugasnya, boss Hanum memberi misi baru yang hanya bisa dipecahkan oleh Hanum dan Rangga untuk menelusuri jejak harta karun misterius para pelaut muslim China yang berlayar ke Amerika jauh sebelum Colombus. 

Karena itu Hanum dan Rangga harus terbang dari New York ke San Francisco. Hanum pun meminta Azima Hussein (Rianti Cartwright) karena Azima mempunyai sumber terpercaya untuk menemukan bukti-bukti tersebut. Tanpa mereka fahami, bahaya tengah mengincar dari pemburu harta karun.Padahal di sisi lain, Azima dan anaknya, Sarah Hussein (Hailey Franco) tengah kalut menerima penolakan dari ibundanya (Ira Wibowo) yang belum bisa menerima ke Islaman putrinya dan tidak menyadari ada rahasia dari fragmen kehidupannya.

 

Sementara itu, Stefan (Nino Fernandez) yang dihimpit masalah putus cinta dengan Jasmine (Hannah Al Rashid) yang tengah hamil tertekan antara 2 pilihan yang pahit yang harus diambil. Perjalanan dari titik terang masing-masing membuat satu demi satu terpecah belah, sehingga akhirnya menemukan makna setiap perjalanan tersebut dalam bingkai keajaiban Allah SWT.

Menurut sejarah Benua Amerika ditemukan oleh para pelaut Muslim pada abad ke-12 atau hampir tiga abad sebelum Christopher Columbus menginjakkan kaki di negara tersebut. Kontak-kontak antara Amerika Latin dan Islam berikhwal sejak abad ke-12. Muslim menemukan Amerika pada 1178, namum bukan Christopher Columbus. Para pelaut Muslim tiba di Amerika dari 1178. Columbus menyebutkan keberadaan masjid di satu bukit di pantai Kuba.Pada saat itu Columbus menginjakkan kaki di benua Amerika pada 1492 setelah ia mencari rute maritim baru ke India.

Kelompok sarjana Muslim baru-baru ini mengungkapkan kehadiran Muslim lebih dulu di Amerika meskipun tidak ada reruntuhan bangunan Islam pra-Columbus yang pernah ditemukan. Dalam satu artikel yang terbit pada 1996, sejarawan Youssef Mroueh, mengacu pada catatan harian Columbus, menyebutkan bahwa sebuah masjid ada di Kuba.

Kisah tersebut bisa disaksikan dalam sebuah cerita film yang diadaptasi dari novel karya pasangan suami dan istri Rangga dan Hanum. Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 8 Desember 2016 mendatang. (nat/dbs)

 


Back to Top