Sambut Ajang Olimpiade Dunia 2020, Malaysia Siap Jadi Penasihat Industri Produk Halal Jepang

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Malaysia telah menawarkan diri untuk menjadi penasihat industri halal Jepang yang memiliki potensi besar untuk produk halal di tahun-tahun mendatang. Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak mengatakan dalam publikasi International Islamic News Agency (IINA) bahwa permintaan produk halal diharapkan meningkat di negara itu, terutama selama Tokyo Olimpic Games 2020 mendatang.
 
"Atlet dan wisatawan dari negara-negara Islam akan membutuhkan makanan dan produk halal selama Olimpiade di tahun 2020," ujar Datuk Seri Najib Razak. 
 
Seperti diketahuin, Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada 2020. Kota ini pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1964. Pernyataan ini disampaiakan Najib saat melakukan kunjungan kerjanya ke Jepang selama tiga hari. Ia menjelaskan, Malaysia telah menyampaikan tawaran untuk menjadi penasihat industri halal Jepang kepada Perdana Menteri Shinzo Abe dalam pertemuan yang berlangsung.
 
Dalam pertemuan tersebut, Najib menjelaskan kepada Abe terkait peluang industri halal Jepang. Menurut Najib, Jepang akan menjadi salah satu tempat tujuan wisata bagi wisatawan Muslim. Termasuk wisatawan dari Malaysia. Dengan peningkatan jumlah wisatawan ini maka akan menciptakan permintaan yang besar untuk produk halal. Dia mencatat bahwa Departemen Pembangunan Islam Malaysia (Jakim) memiliki kredibilitas tinggi dan mereka diterima oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan PBB.
 
"Produk Halal di sini akan dengan mudah diterima jika Malaysia ditunjuk sebagai penasihat untuk industri halal di Jepang," tambahnya.
 
 
Adapun, Departemen Pembangunan Islam Malaysia (Jakim) merupakan salah satu organisasi atau lembaga yang bergerak dan bertanggungjawab terhadap pembinaan kemajuan dan kemunduran kehidupan keagamaan Islam di Negara Malaysia yang didirikan atas kesepakatan raja-raja melayu pada tahun 1968 di Malaysia. Selama kunjungan ke Jepang bulan Mei lalu, pejabat Malaysia juga melakukan kunjungan kerja ke Jepang.
 
Wakil Perdana Menteri Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi yang juga ketua Dewan Halal Malaysia membahas soal standar halal Jakim pada pertemuan dengan Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso. Sebanyak 54 lembaga sertifikasi di 32 negara dan empat pejabat dari organisasi kerjasama Islam telah memperoleh sertifikasi halal dari Jakim. Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada Agustus 2020. Kota ini pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1964. 
 
Hal ini merupakan kali kedua Tokyo menjadi tuan rumah perhelatan ajang olahraga terbesar dan menjadi satu-satunya Negara di Asia yang berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade sebanyak dua kali. Jepang menawarkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade atas dasar keyakinan akan kemampuan negaranya menjadi negara yang terdepan, dalam hal teknologi komunikasi. Pada saat Negara lain masih beradaptasi dengan teknologi 4G, Jepang sudah mengembangkan teknologi 5G. Atas dasar itulah Jepang siap menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2020. (nat/dbs)

Back to Top