Lewat Pameran Foodex Arabia, Perusahaan Pakistan Bidik Pasar Negara Timur Tengah

gomuslim.co.id– Arab Saudi menjadi pasar yang menggairahkan bagi industri halal dunia. Bagaimana tidak, negara petrodollar dengan mayoritas penduduknya beragama Islam ini memang menjadi lahan basah bagi setiap produk muslim needs.

Melihat peluang ini, perusahaan asal Pakistan yang ikut berpartisipasi dalam sebuah pameran foodex Arabia yang diselenggarakan oleh Reed sunaidi Exibitor dan berlokasi di Jeddah Jeddah Center for Events & Forums mencoba menyasar pasar ini. Sebuah stand yang bertajuk Pakistan Pavilion pada pameran ini diresmikan oleh Raja Fahd bin muqran bin Abdul Aziz Al-Saud pada hari Senin berisikan para perusahaan eksportir dari Pakistan yang mencoba peruntungan mereka di pameran ini.

Sementara itu, Shehzad Ahmad Khan, komersial Konsuler Pakistan Konsulat Jeddah mengungkapkan bahwa Pakistan ikut berpartisipasi dalam pameran ini berkat kolaborasi dengan Trade Development Authority of Pakistan (TDAP) untuk mempromosikan perdagangan bilateral antara Pakistan dan Arab Saudi.

Dilansir dari laman Saudi Gazeeta (24/11), Arab Saudi merupakan negara dengan pasar makanan terbesar di Timur Tengah, dengan 74.1 persen dari total produk mereka berada dalam Gulf Cooperation Council (GCC) yakni sebuah aliansi ekonomi dari enam negarArab Timur Tengah yang beranggotakan Saudi Arabia, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan Oman. Mereka  mengimpor produk makanan dan minuman dengan transaksi lebih dari USD 25 milyar setiap tahun untuk memenuhi tuntutan konsumsi mereka.

Bukan hanya itu, pertumbuhan pun terjadi pada tingkat tahunan sebesar 18,5 persen karena memperluas pasar domestik karena perkembangan populasi dan meningkatkan ziarah tahunan. Berdasarkan hal tersebut, saat ini impor produk makanan dan minuman di Arab Saudi cenderung meningkat dan mencapai sekitar USD 70 miliar per tahun di empat sampai lima tahun mendatang. 

Shehryar Akbar Khan juga mengatakan bahwa hal tersebut menawarkan sebuah kesempatan besar untuk perusahaan Pakistan agar lebih agresif dalam menembus pasar Arab Saudi dan untuk meningkatkan pangsa pasar mereka.

Khan menambahkan, dengan mengingat fakta bahwa Pakistan adalah sebuah negara agraris dan lebih dari 50 persen produk ekspor mereka berasal dari Agrokultur dan tekstil, Pakistan memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekspor dengan menekan pasar makanan halal di Arab Saudi. Arab Saudi yang cenderung berbelanja produk makanan dan minuman halal ini tentunya menjadi ‘lahan basah’ bagi Pakistan utuk meningkatkan perekomian di negara mereka.

Sementara itu, berbicara mengenai event ini sendiri, Foodex Arabia adalah sebuah event terkemuka di Arab Saudi dengan menjadikan sebuah pameran perdagangan yang bertaraf internasional yang didedikasikan untuk industri makanan dan minuman. Dengan menghadiri acara ini, pengunjung akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan sumber produk dari lebih dari 30 negara, dan kegiatan yang menghadirkan para exibitor dari luar negeri ini tentunya menawarkn produk makanan dan minuman yang baru sekaligus menghadirkan berbagai solusi tentang makanan kepada para mayarakat.

Pameran ini berisikan pusat kuliner, kompetisi profesional koki yang didukung oleh asosiasi koki societis diseluruh dunia dunia dan Asosiasi koki Saudi Arabian yang menampilkan persaingan dari keterampilan dan bakat para koki dari beberapa  Hotel dan restoran terkemuka. (ari/dbs)

 


Back to Top