Kampanye 'Human Appeals Wrap Up Manchester'

Komunitas Muslim Inggris Bagikan Baju Hangat untuk Tunawisma

gomuslim.co.id- Badan amal muslim di Inggris mengumpulkan lebih dari 700 mantel dan 400 pakaian musim dingin untuk menyumbangkannya kepada gelandangan di jalanan Kota Manchester. Mereka akan melakukan ini selama bulan-bulan musim dingin berlangsung. Baju yang dikumpulkan pun beragam seperti mantel, topi, syal dan jumper.

Masyarakat yang menyumbangkan barang-barang mereka tahu itu akan didistribusikan ke tempat penampungan tunawisma, pusat pengungsian, organisasi lansia, perlindungan perempuan, pusat anak-anak dan badan amal lain. Ini menjadi bagian dari gerakan Human Appeals Wrap Up Manchester yang mengundang masyarakat berbagi lewat situs Safestore Self Storage.

Human Appeal adalah sebuah badan bantuan internasional Inggris bersama dengan Hands On London telah meluncurkan kampanye bertajuk 'Wrap Up Manchester' yang mengimbau masyarakat untuk menyumbangkan pakaian musim dingin tidak terpakai kepada orang yang membutuhkan.

Ini merupakan tahun pertama Human Appeals Wrap Up Manhester, dan gerakan ini akan dilakukan lebih masif selama musim dingin mendatang. Gerakan itu adalah gagasan Human Appeal and Hands On London, organisasi yang menggelar kampanye serupa dengan tema Wrap Up London, dan telah diselenggarakan di London selama enam tahun.

"Nantinya orang tunawisma akan datang ke salah satu tempat penampungan di mana mereka bisa mendapatkan mantel tersebut secara cuma-cuma. Dari sana, para petugas juga bisa menawarkan bantuan lain seperti pencarian tempat tinggal, apakah mereka punya masalah kesehatan, ataupun penyelesaian masalah kekerasan yang pernah dialami," ujar Koordinator proyek Human Appeal, Samra Said.

 

Pakaian yang telah disumbangkan kemudian disortir dan akan didistribusikan oleh Human Appeal ke tempat penampungan tunawisma, organisasi lansia, perlindungan perempuan, pusat anak-anak dan badan amal lainnya. Masih ada lebih dari 250 paket belum tiba dari situs Collect Plus, yang telah dikumpulkan dari sumbangan orang-orang atas gerakan Wrap Up Manchester.

Dengan dilakukan hal ini, Said berharap agar masyarakat bisa turut menyebar kebaikan sehingga tercapai tujuan hidup lebih baik. "Tentu saja, pakaian yang telah disumbang bukan saja bisa menghangatkan mereka, namun bisa mengubah hidup juga," tambah Said.

Kampanye itu mendapat dukungan dari para pemimpin partai politik di seluruh kota serta anggota parlemen dari Partai Buruh, Jim McMahon OBE dan Kandidat Wali Kota Jane Brophy. Mereka turut menyumbangkan mantel dan memberikan dukungan mereka di belakang layar.

Sementara itu, CEO Human Appel Othman Moqbel menyatakan rasa terima kasihnya kepada seluruh relawan yang telah berpartisipasi dalam program ini.

"Bulan-bulan musim dingin memang tak kenal ampun terutama bagi mereka yang tidur di jalan atau tidak mampu membeli mantel musim dingin. Human Appeal hanya ingin memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka, dan memberikan kehangatan bagi yang membutuhkannya. Terima kasih banyak untuk semua orang yang membantu program 'Wrap Up Manchester' di musim dingin ini," ungkap Moqbel.

Human Appeals berharap akan ada lebih dari 1.500 item sumbangan yang akan terkumpul, dengan tujuan yang tidak sekadar untuk menghangatkan tubuh tapi bisa merubah hidup seseorang.

Badan amal itu tengah berduka awal tahun ini, karena kehilangan seorang dokter di Suriah akibat serangan udara saat tengah merawat pasien. Dokter Emad Alnesr yang bekerja dengan Human Appeals menjadi salah satu korban dari serangan yang telah menghancurkan setidaknya lima rumah sakit dan dua sekolah, dengan korban sekitar 50 orang. (nat/dbs) 


Back to Top