Kemenag Gelar Seleksi Petugas Haji Tingkat Pusat

gomuslim.co.id- Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Seleksi Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tingkat Pusat. Seleksi digelar hari ini, Kamis (18/05/2017), di gedung Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Plt Direktur Pembinaan Haji Muhajirin menegaskan rekrutmen merupakan proses yang harus dilewati calon petugas. Menurutnya, rekrutmen ini bahkan sudah dimulai sejak tingkat kabupaten , provinsi, dan sekarang tingkat pusat.

"Kami berharap, akan terpilih petugas profesional yang mempunyai prinsip melayani jemaah," terang Muhajirin yang saat ini menjabat sebagai Direktur Haji Khusus dan Umrah.

Muhajirin menambahkan semua peserta mendapat kesempatan yang sama. Seleksi petugas haji diselenggarakan secara profesional agar hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Peserta yang dinyatakan lulus, harus mengikuti proses pembekalan pada 11 sampai  24 Juni 2017.

Sebelumnya, Kasubdit Bimbingan Petugas Haji Khoirizi melaporkan bahwa penilaian petugas tidak hanya terkait kompetensi, tapi kesehatan, akhlak, dan kedisiplinan. "Terpenting komitmen dan keinginan untuk dapat memberikan pembinaan dan pelayanan," terang Khoirizi.

Seleksi PPIH tingkat pusat ini diikuti sebanyak 268 peserta, terdiri dari 83 orang dari unsur Kementerian Agama, 50 orang dari unsur TNI Polri, 32 orang dari unsur instansi terkait, serta 40 orang tim media center. Mereka akan mengikuti ter tertulis dan wawancara.

Khoirizi menyatakan, penambahan jemaah haji tahun 2017 tidak berbanding lurus dengan penambahan jumlah petugas. Karenanya, seleksi ini diharapkan akan dapat menjaring para petugas profesional yang dapat memenuhi harapan semua pihak dan melayani jemaah dengan baik.

Hadir dalam pelaksanaan test ini, Komisi Pengawas Haji Indonesia Samidin Nasir dan Inspektur Investigasi Itjen Kemenag Rozikin.

Sebelumnya, seleksi Calon Petugas Haji Tingkat Provinsi digelar di beberapa daerah. Wilayah DKI Jakarta misalnya, seleksi digelar pada Rabu (10/5/2017) lalu. Tes ini merupakan lanjutan seleksi tahap awal yang telah dilakukan secara serentak pada tanggal 28 April 2017 yang lalu.

"Calon petugas haji harus menyiapkan diri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Abdurrahman usai membuka pelaksanaan tes di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (10/5).

Menurutnya, rangkaian kegiatan rekruitmen ini sangat penting, mengingat kesiapan petugas haji merupakan bagian dari suksesnya penyelenggaraan ibadah haji.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Sadirin, mengatakan, rekruitmen calon petugas haji 1438 H/ 2017 M dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu seleksi administrasi, tes kompetensi dan tes wawancara. Hal ini untuk meningkatkan prinsip akuntabilitas petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas.

Dikatakan Sadirin, tantangan pelaksanaan ibadah haji tahun ini lebih berat. Sebab, jumlah petugas haji tahun ini tidak sebanding dengan jumlah jamaah. "Petugas yang dibutuhkan tidak hanya cekatan dalam bekerja, tapi cerdas dalam menyelesaikan masalah, juga harus memiliki kekuatan fisik prima," ujar dia.

Tes tertulis dan tes wawancara calon petugas haji DKI Jakarta diikuti oleh 81 orang, yang terdiri dari 38 orang calon Tim Pemandu Ibadah Haji (TPIH), 30 orang calon Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan 13 orang calon Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi sebanyak 13 orang.

Penetapan petugas TPIH dan TPIHI Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta diserahkan kepada Direktorat Jenderal PHU Kemenag RI pada tanggal 16 Mei 2017. Para calon petugas yang lulus tes akan diberikan pembekalan melalui Pelatihan Petugas Terintegrasi yang rencana akan dilaksanakan tanggal 22 sampai dengan 31 Mei 2017. (njs/kemenag/dbs)


Back to Top