Jelang Ramadhan, Aplikasi Qur’an Indonesia Project Resmi Diluncurkan di iOS dan Android

gomuslim.co.id- Jelang Ramadhan tahun ini, Qur’an Indonesia Project (QIP) yang merupakan  Inisiatif anak muda dalam berbagi nilai Alquran melalui rekaman audio, meluncurkan aplikasinya yang kini dapat diunduh secara gratis melalui iOS dan Android di Conclave Jakarta Selatan pada, Kamis (18/05/2017).

Inisiator Qur’an Indonesia Project, Archie Wirija mengaku dirinya senang akhirnya audio rekaman Qur’an dan terjemahannya sudah lebih mudah diakses oleh masyarakat hanya dalam satu aplikasi.

Alhamdulillah, akhirnya app Qur’an Indonesia Project bisa rilis hari ini, terimakasih kepada semua pihak yang terlibat, temen-temen selebritis, pak Ustadz selaku pembimbing dan tim app yang telah membantu saya,” ujar Archie.

Selain itu, turut hadir pula beberapa selebriti tanah air yang menjadi bagian dari kontributor pembacaan surah dalam Alquran, di antaranya Afghan, Raissa, Andine, Hamas Syahid, guru ngaji pembimbing Uci Armisi dan app Specialist Alamanda Shantika.

“Saya senang banget bisa ikut kontribusi langsung di Qur’an Indonesia Project, ini jadi memudahkan kita sebagai generasi muda dalam membaca Alquran di manapun dan kapanpun. Jadi ngak ada alasan lagi untuk ngak ngaji,” kata Afghan.

Dia mengaku walaupun dirinya belum mahir secara tartil membaca Alquran namun guru ngaji yang mendampingi proses rekaman selalu sabar membantu melafadzkan ayat per ayat dengan benar dan sesuai tajwid.

“Ada beberapa kontributor yang sudah mahir membaca Alquran dan ada pula yang belum. Itu yang menjadi tantangan saya dalam mengajarkan kembali membaca Alquran sesuai makhraj,” tutur Uci.

Selain aplikasi tak berbayar, Qur’an Indonesia Project juga membuka kesempatan bagi masyarakat dalam proyek perekaman ayat-ayat yang belum dibacakan sebelumnya. Pendaftaran kontributor dibuka sampai 30 Juni 2017. Kemudian untuk periode rekaman mulai Agustus hingga Oktober 2017.

Hal ini merupakan bentuk apresiasi atas tingginya animo masyarakat yang ingin berkontribusi langsung dalam Qur’an Indonesia Project. Hingga saat ini, tim produksi telah menggerjakan perekaman 2236 ayat, dan untuk 4 ribu ayat lagi ditargetkan akan rampung dalam dua tahun.

“Harapannya dengan adanya aplikasi ini, semua orang dapat lebih dekat dengan Alquran. Udah ngak ada alesan lagi ngak ngaji. Karena sekarang teknologi udah mendukung banget berbagi nilai positif  Islam,” tukas Archie.

Qur’an Indonesia Project hadir lebih dekat kepada masyarakat produktif terutama generasi muda untuk memudahkan dalam mengaji dan mengahayati arti dan makna ayat Alquran.

“Misi kita yang utama adalah sebarkan walau satu ayat, itu jadi salah satu amal jariah kita di akhirat kelak,” katanya. (nat)

Baca juga:

Acha, Afghan dan Raisa Rekam Suara Baca Alquran


Back to Top