Sambut Ramadhan, Transjakarta Akan Gelar Pasar Bahan Pangan Pokok Murah di 50 Halte

gomuslim.co.id- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan memanfaatkan 50 dari 230 halte untuk memasarkan bahan pangan pokok, di antaranya Halte Pinang Ranti, Kalideres dan Ragunan. 

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan bahwa beberapa halte Transjakarta yang berada di ujung-ujung dan dekat dengan permukiman warga akan dimanfaatkan untuk memasarkan berbagai bahan pangan pokok.

“Layanan penjualan bahan pangan pokok di halte-halte Transjakarta itu akan beroperasi dari pukul 16.00 hingga 19.00 WIB selama bulan suci Ramadhan. Akan tetapi, perpanjangan waktu bisa saja dilakukan dengan mempertimbangkan animo masyarakat terhadap inovasi tersebut, misalnya sampai pukul 20.00 WIB," papar Budi. 

Lebih lanjut, ia mengatakan halte-halte Transjakarta yang memasarkan bahan pangan pokok juga dilengkapi dengan petugas untuk menjual produk-produk tersebut, serta berbagai sarana penunjang. 

Selain itu, dia mengungkapkan pihaknya juga memasang kertas informasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) bahan pangan pokok yang ditetapkan oleh PT Food Station Tjipinang Jaya, PD Dharma Jaya, dan PD Pasar Jaya. 

"Pemasangan kertas-kertas berisi informasi HET bahan pangan pokok tersebut akan kami lakukan di dalam unit-unit bus Transjakarta," kata Budi. 

Dengan cara seperti itu, masyarakat, terutama penumpang Transjakarta yang jumlahnya mencapai 450 ribu setiap hari dapat mengetahui informasi mengenai HET bahan pangan pokok. 

Selain itu, para penumpang juga bisa sekaligus menjadi agen untuk menyampaikan informasi tersebut kepada kerabat maupun saudara mereka masing-masing. 

"Kami optimis kerja sama Transjakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya, PD Dharma Jaya, dan PD Pasar Jaya ini dapat menghadirkan kestabilan harga bahan pangan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri," katanya. 

Selain itu, sistem pembayaran untuk sementara masih dalam bentuk non tunai. Sebab, menurut Budi kaliwono, setiap halte Transjakarta sudah terdapat mesin EDC. "Nanti kita pasangan harganya di setiap busway, kita jual satuan, sementara dalam sistem pembayarannya mengunakan kartu (non tunai)," katanya.

Dengan adanya pasar ini diharapkan masyarakat yang kesulitan membeli bahan pokok akan mendapatkannya di sini dengan harga yang terjangkau. (nat/dbs)


Back to Top