Manjakan Hijabers, Kolam Renang Umum di Australia Ini Pasang Tirai Penutup

gomuslim.co.id- Olahraga renang merupakan hobi yang dimiliki oleh banyak orang. Kegiatan yang menghabiskan waktu di air ini pun banyak digemari muslimah. Namun demikian, kolam renang umum yang mencampur antara pria dan wanita kerap menjadi kendala bagi mereka yang sudah berhijab.

Merespon hal tersebut, sebuah kolam renang umum di Australia baru-baru ini menyediakan fasilitas khusus untuk para hijabers. Dilansir dari publikasi Swimming World Magazine, kolam renang umum Auburn Ruth Everuss Aquatic Centre, New South Wales, Australia, kini telah memasang tirai privasi sehingga wanita muslim bisa berenang tanpa dilihat oleh pengguna kolam renang lainnya.

Tirai ringan dipasang membentang di seluruh dinding kaca kolam renang indoor. Kolam bertirai hanya ditutup selama dua jam di hari Minggu. Jadi hijabers bisa menikmati fasilitas selama dua jam untuk berenang tanpa khawatir rambut kelihatan pria atau mengekspos lekuk tubuh di depan lawan jenis.

Auburn Council General Manager Malcolm Ryan mengatakan bahwa tirai sengaja dipasang dengan tujuan mendorong wanita muslim lebih aktif dalam renang. "Tingginya permintaan untuk kolam renang khusus wanita. Dengan pemasangan tirai di program pool bisa mendorong muslimah menggunakan kolam renang sekarang," ujar Ryan seperti dilansir dari publikasi The Telegraph.

Selain itu, Ryan juga menuturkan dengan kolam renang bertirai itu maka muslimah bisa mengenakan pakaian renang yang nyaman untuk mereka. Tidak harus menggunakan burkini atau jilbab karena kolam tersedia hanya untuk wanita.

Remaja 13 tahun Fatima Mossavi merupakan hijabers pertama yang menggunakan kolam renang bertirai itu ketika mengambil kelas bersama Australian Afghan Hassanian Youth Association. Ia mengatakan bahwa kolam renang ini membantu wanita muslim semakin aktif.

"Aku telah renang sejak berusia tujuh tahun tapi saudara-saudaraku takut untuk renang karena persoalan busana. Ini bagus untuk kita karena sekarang mereka bisa renang di ruang yang pribadi dan lebih nyaman," ujar Fatima.

Sementara itu, di Tanah Air, tepatnya kawasan Bandung Utara terdapat kolam pemandian air panas bernama Hijab Swimming Pool. Di tempat ini, para hijaber  tidak perlu khawatir akan dilihat oleh laki-laki, karena posisi kolam yang tertutup.

Lokasi kolam renang ini berada satu kawasan dengan Floating Market, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Senada dengan namanya, tempat wisata tersebut didesain khusus bagi para perempuan berhijab. Hijab Swimming Pool juga menjadi kolam pemandian air panas pertama untuk pengguna hijab di Bandung. Sejak sebulan dibuka, Hijab Swimming Pool langsung diberondong pengunjung. Humas Floating Market Lembang, Intania Setiati mengatakan, Hijab Swimming Pool merupakan salah satu wahana baru yang ada di Floating Market Lembang.

Dengan fasilitas yang ada di tempat wisata ini, para hijaber akan dimanjakan dengan kolam air panas sepanjang 20 meter dan lebar 7 meter dengan kedalaman 120-140 sentimeter. Guratan lukisan bernuansa Islami juga menghiasi arsitektur bangunannya beserta fasilitas mushala. (njs/thetelegraph/dbs)


Back to Top