Manfaatkan Momentum, KJRI Pasang Stiker Promosi Citra Indonesia di Bus Jemaah Haji

gomuslim.co.id- Musim haji sudah mulai terasa. Pekan ini sejumlah embarkasi memberangkatkan jemaah ke Tanah Suci. Namun, ada yang berbeda pada bus pengantar jemaah haji Indonesia di Arab Saudi. Terobosan baru dilakukan untuk mempromosikan Indonesia dengan memanfaatkan memanfaatkan momentum pelaksanaan ibadah haji 1438 H/2017 M.

Sebanyak 12 bus yang terdiri dari 10 bus shalawat di Makkah dan 2 bus antar kota perhajian pengantar jemaah dari Madinah ke Makkah atau sebaliknya. Semuanya berbalut stiker promosi Indonesia dan iklan produk-produk Indonesia siap menyusuri jalan-jalan di Kota Suci Makkah dan menempuh rute Makkah-Madinah.

Pemasangan branding sticker pada badan bus telah selesai dilakukan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah dan Panitia Haji Indonesia, Selasa (25/07/2017) lalu. Terobosan terbaru diharapkan juga dapat meningkatkan citra Indonesia di luar negeri. Promosi dan branding produk Indonesia saat musim haji di Arab Saudi pada bus-bus yang melayani para jemaah haji Indonesia diyakini akan efektif.

Konjen RI di Jeddah M Hery Saripuddin saat berdiskusi dengan tim Media Center Haji di kantor Daker Madinah mengatakan KJRI ingin memanfaatkan bus jemaah untuk promosi citran Indonesia, baik terkait perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Menurutnya, promosi ini strategis mengingat ada lebih dari 2,5 juta jemaah haji yang berkumpul di Makkah Al Mukarramah. Beberapa produk yang dipromosikan melalui stiker yang ditempel di badan bus, antara lain: kopi unggulan, produk ikan laut, dan pariwisata. “Ini merupakan tahun pertama. Selain ibadah, momen haji juga dimanfaatkan untuk mempromosikan Indonesia agar bisa dilihat seluruh dunia,” ujarnya, Kamis (27/07/2017).

Meski demikian, Hery memastikan bahwa pemasangan stiker promosi ini tidak akan mengganggu layanan informasi yang dibutuhkan jemaah terkait penyelenggaraan ibadah haji. Layanan itu misalnya tentang rute perjalanan bus, nomor telepon yang bisa dihubungi saat dibutuhkan, dan lainnya.

“Ini merupakan inisiatif KJRI yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perdagangan,” katanya. Hery berharap layanan promosi ini akan lebih banyak lagi dilakukan pada tahun-tahun mendatang.

 

Dengan latar belakang warna merah-putih, bertuliskan INDONESIA dalam ukuran huruf yang relatif sangat besar, bus-bus ini akan mudah dikenali oleh para jamaah. Tidak hanya itu, layanan informasi dan nomor pengaduan haji berupa "call center" dan aplikasi whatsAPP juga tercetak pada poster berukuran besar yang membalut badan bus dari sisi kanan-kiri dan belakang. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dalam memandu jamaah.

KJRI Jeddah melalui Tim Ekonomi dan Perdagangannya terus berupaya melakukan berbagai terobosan untuk mempromosikan berbagai produk utama asal Indonesia di Arab Saudi, destinasi wisata, informasi investasi dan khususnya Trade Expo Indonesia (TEI) ke-32 yang akan digelar pada 1 sampai 15 Oktober 2017.

KJRI dan Panitia Haji akan meluncurkan bus-bus tersebut dan mulai mengoperasikannya saat kedatangan jamaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama pada Jumat, 28 Juli 2017 di Madinah. (njs/kemenag/dbs/foto:sindo)


Back to Top