Suhu di Makkah Capai 45 Derajat, Belasan Jemaah Haji Dirawat Akibat Kelelahan

gomuslim.co.id- Sebanyak 18 jemaah haji dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah. Pasien yang merupakan jamaah hajitersebut, terdiri dari 12 pasien laki-laki dan 6 pasien perempuan. Hal ini dilaporkan melalui situs resmi Kementrian Agama (Kemenag), Kamis (10/08/2017).

Humas KKHI Daker Makkah dr. Ayesha mengatakan jumlah pasian yang dirawat sehari sebelumnya adalah 12 jemaah. Menurut Ayesha, bertambahnya pasien di KKHI seiring bertambahnya jemaah yang tiba dari Madinah.

“Kebanyakan dari mereka adalah jemaah lanjut usia (lansia). Banyak yang teridentifikasi akibat kelelahan dan harus ditangani tim kesehatan yang berada di sektor-sektor, lalu dirujuk ke KKHI,” ujar Ayesha.

Sementara itu, jemaah tertua yang saat ini dirawat berusia 75 tahun. Dan yang paling muda berusia 26 tahun. Dirinya membenarkan, bahwa suhu di Makkah dalam beberapa hari ini berada pada kisaran 45-50 derajat celsius dengan tingkat kelembaban yang sangat rendah.

“Cuaca ekstream ini berpotensi menjadi faktor penyebab dehidrasi, heat stroke dan kaki melepuh,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah pasien, dirinya menyarankan agar jamaah haji, mengenakan pelindung kepala, masker, semprotan wajah, dan kacamata hitam. Dan tak kalah penting, lanjut dia, mengkonsumsi air putih 300 ml/jam guna menghindari dehidrasi. (nat/dbs/foto:kompas)

 


Back to Top