Kerjasama Investasi Syariah, UIN Raden Intan Lampung Gandeng BEI

gomuslim.co.id- Dorongan untuk menguatkan industri keuangan syariah terus dilakukan sejumlah kalangan. Terbaru, UIN Raden Intan Lampung menggandeng Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Phintraco Sekuritas untuk kerjasama bidang investasi syariah.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor UIN Raden Intan Moh. Mukri, Kepala Pengembangan Calon Emiten PT BEI Perwakilan Lampung Umi Kulsum, dan Head of Regional Business Development PT Phintraco Sekuritas Andre Mahardika. Seremonial penandatanganan MoU digelar di ruang sidang Gedung Rektorat UIN Raden Intan lantai 3, Rabu (09/08/2017).

Dalam sambutannya, Rektor UIN Raden Intan Lampung menyampaikan bahwa pihaknya sedang berkembang dan terus menjalin kerja sama dengan lembaga lain. “Bentuk pengembangan kerja sama kita (UIN) lintas sektor dan berbagai lembaga termasuk lembaga keuangan seperti bursa efek (BEI) ini,” katanya.

Mukri berharap kerjasama ini dapat mengurangi jumlah masyarakat yang tertipu dengan investasi bodong. Menurutnya, masyarakat harus diedukasi terkait pentingnya menabung atau berinvestasi secara syariah, dan momentum ini dianggap penting untuk masyarakat Lampung pada khususnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Lampung Untung Nugroho yang juga hadir dalam acara ini mengatakan bahwa masyarakat perlu diedukasi terkait berinvestasi karena banyak penipuan yang mengatasnamakan investasi.

“Tugas utama kami (OJK) adalah pengawasan dan pengaturan (sektor keuangan). Tugas lainnya adalah mengedukasi masyarakat. Tentunya ini membutuhkan peran perguruan tinggi seperti UIN Raden Intan Ini,” kata Untung.

Untung berharap, OJK  diberi kesempatan memberi pembekalan pada mahasiswa  yang hendak Kuliah Kerja Nyata (KKN). “Penting kiranya agar mahasiswa yang kami beri pembekalan tersebut dapat menyampaikan dan mengedukasi masyarakat di desa-desa terutama terkait cara, keuntungan dan resiko berinvestasi,” tegasnya.

Galeri investasi syariah yang diinisiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN ini mendapat apresiasi dari BEI dan OJK. Pihak BEI mengungkapkan, tahun 2017 ini sudah dibangun 300 galeri di seluruh Indonesia dan 33 galeri investasi syariah, salah satunya di UIN Raden Intan Lampung.

Sebelumnya, di pekan pertama Agustus ini, BEI telah meresmikan empat Galeri Investasi BEI, antara lain berlokasi di Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Jawa Tengah. Hingga Jumat (4/8/2017) setidaknya sudah terdapat 280 Galeri Investasi di seluruh Indonesia.

Pada tanggal 1 dan 4 Agustus lalu, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah meresmikan 4 Galeri Investasi BEI. Galeri Investasi tersebut antara lain Galeri Investasi Syariah BEI Universitas Islam Bandung dan Galeri Investasi BEI STIE Ekuitas di Jawa Barat, Galeri Investasi Syariah BEI-IAIN Padangsidempuan di Sumatera Utara, serta Galeri Investasi BEI-Universitas PGRI Semarang di Jawa Tengah.

Di sepanjang tahun 2017, BEI telah meresmikan 40 Galeri Investasi. Saat ini, setidaknya BEI telah memiliki 280 Galeri Investasi di seluruh Indonesia, diantaranya 22 berlokasi di Jawa Barat, 20 galeri di Jawa Tengah, dan sianya tersebar di beebrapa kota di Indonesia.

Galeri ini didirikan untuk mengedukasi dan memasyarakatkan pasar modal di lingkungan akademisi dan masyarakat umum. Oleh karena itu, BEI menggandeng sejumlah pihak baik Perguruan Tinggi, maupun perusahaan sekuritas. Beberapa perusahaan yang saat ini telah bekerjasama dengan BEI antara lain Phintraco Sekuritas, Philip Sekuritas Indonesia, dan Panin Sekuritas. (njs/kemenag/dbs)


Back to Top