Inilah Amalan yang Bisa Dilakukan Jemaah Perempuan Haid Saat Ibadah Haji

gomuslim.co.id- Bagi jamaah haji perempuan, siklus bulanan haid menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri. Pasalnya siklus ini sering tidak selalu sama tiap bulannya. karena itu sering kali mereka merasa bingung terkait apa saja yang diperbolehkan dan tidak boleh dilakukan saat haid saat ibadah haji.

Seperti yang dilansir dari publikasi New Strait Times, salah satu pakar agama di lembaga pelaksana haji Malaysia, Tabung Haji (TH), Dr Anisah Abdul Ghani mengatakan ia mendapat banyak pertanyaan soal ini dari jamaah. Mantan dosen fikih di Universitas Malaya ini mengatakan para jamaah perempuan Malaysia sering merasa terlalu cemas karena haid. Anisah berpendapat hal tersebut baiknya tidak perlu dipermasalahkan.

"Satu-satunya hal yang tidak boleh mereka lakukan saat menstruasi adalah mengelilingi Ka'bah (tawaf), berdoa dan membaca Alquran. Sisanya, seperti zikir dan berdoa di Mina dan Arafah masih diperbolehkan,” terang Anisah.

Sedangkan, bagi para jamaah perempuan yang haid bisa tetap menyelesaikan haji mereka. Ini dibahas secara rinci dalam modul keagamaan yang diberikan pada para peziarah sebelum haji.

Secara singkat, menunaikan haji itu melibatkan membayar dan seperti berkurban, kembali melakukan tawaf di saat suci, atau mengikuti praktik mazhab lain. "Ada banyak cara untuk tetap mendapatkan haji dan tidak ada alasan untuk terlalu stres karena masalah menstruasi," kata Anisah.

Hal terpenting lainnya bagi jamaah perempuanadalah mengucap niat yang tepat. Ia menilai niat tidak bisa dianggap enteng. “Misalnya, ada niat normal yang berbunyi untuk melakukan haji dan berada di ihram. Perempuan bisa menambahnya jadi niat bersyarat seperti untuk melakukan haji dan berada di ihram, tapi jika saya menstruasi, saya bebas dari ihram,” pungkas Anisah menjelaskan niat.

Kemudian, TH membebaskan ini pada peziarah perempuan. Karena jika mereka menstruasi pada Hari Arafah (Wukuf), mereka secara otomatis tidak lagi berada di ihram dan tidak akan mendapatkan haji mereka tahun ini. (nat/newstraittimes/dbs/foto:marketplace)


Back to Top