Inilah Pesepak Bola Muslim Pertama di Premier League

gomuslim.co.id- Nama-nama pemain Muslim di Premier League sudah familiar bagi pencinta sepakbola. Sebut saja, Paul Pogba (Manchester United), Yaya Toure (Manchester City), Mesut Oezil (Arsenal), Riyad Mahrez (Leicester City), N'Golo Kante (Chelsea), ditambah pemain baru Liverpool, Mohamed Salah.

Para pemain Muslim tersebut menjadi pemain kunci di klub masing-masing. Namun, jika diingat kembali siapakah pemain Muslim pertama di Premier League? Ternyata, saat pertama kali bergulir pada musim 1992 sampai 1993, hanya ada satu pemain Muslim di Premier League.

“Satu-satunya pemain Muslim saat itu adalah Nayim. Pemilik nama lengkap Mohammed Alí Amar ini membela Tottenham Hotspur,” seperti tulisan yang dilansir dari publikasi  BBC Sport.

Kemudian, Nayim sempat membela akademi Barcelona, La Masia, saat masih berusia 12 tahun pada 1979. Namun, pemain asal Spanyol ini tak kunjung mendapatkan tempat utama di tim senior Blaugrana.

Di musim 1988 sampai 1989, Nayim memutuskan hengkang ke Tottenham. Dia bertahan lima musim bersama Spurs dan terus menjadi pilihan utama. Dan saat Premier League pertama kali bergulir pada 1992, Nayim tercatat sebagai satu-satunya pemain Muslim.

Kemudian, pada 1993, Nayim memutuskan hengkang ke klub Spanyol, Real Zaragoza. Golnya yang paling dikenang adalah saat melawan Arsenal di final Piala Winners 1995.

Saat itu, Nayim mencetak gol spektakuler dari jarak jauh di detik-detik akhir babak tambahan waktu di Parc des Princes. Kiper Arsenal, David Seaman tak mampu berbuat apa-apa. Zaragoza pun menjadi juara Piala Winners dengan kemenangan 2-1.

Pada tahun 2000 Nayim pensiun dari lapangan hijau. Klub terakhirnya adalah tim kasta 2 Spanyol, CD Logrones. Mei 2016, Nayim memutuskan pulang ke kampung halamannya di Spanyol dan menjadi direktur olahraga AC Ceuta. (nat/bbcsport/dbs/foto:viva)

 


Back to Top