OJK Siap Tingkatkan Industri Keuangan Syariah Nasional

gomuslim.co.id- Tim Dewan Komisioner (DK) OJK saat ini sedang menyusun strategi untuk meningkatkan pertumbuhan industri keuangan utamanya syariah. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso bersama tim (DK) OJK periode 2017 sampai 2022 siap melakukan gebrakan awal.

Dirinya menilai pengembangan ekonomi syariah bagi OJK sangat penting. Jika diibaratkan, syariah itu suatu perusahaan transportasi dengan moda bus-bus yang sudah banyak.

“Tapi tinggal penumpangnya yang belum banyak," ujar Wimboh di Gedung Radiud Prawiro Kompleks Bank Indonesia, Rabu (09/08/2017).

Sementara itu, untuk meramaikan layanan bisnis atau istilah Wimboh, meningkatkan jumlah penumpang inilah yang menjadi tugas tim DK-OJK sekarang. Namun seperti apa yang akan dilakukan, Wimboh mengaku sedang menyusunnya.

"Proses ke depan bus kita lakukan sehingga penumpang nyaman. Kalau modal kurang ya kita minta banknya di injek. Jadi dibuat menarik. Tapi paling penting bagaimana menarik penumpang, bagaiamana pun ini penting. Proyeknya sedang dipikirkan masih banyak," tuturnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) pertumbuhan bisnis perbankan syariah terus bergerak positif. Ini terlihat dari peningkatan aset pada akhir tahun lalu yang mencapai Rp365,50 triliun atau tumbuh 20,33% dibandingkan 2015 sebesar Rp296,26 triliun.

Selain itu dari sisi pembiayaan perbankan syariah juga meningkat 16,40 menjadi Rp249,09 triliun, dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya Rp213,99 triliun. (nat/dbs/foto:okezone)

 


Back to Top