LTM Global Qurban ACT Tasikmalaya Siapkan 600 Ekor Domba untuk Kurban Idul Adha Tahun Ini

gomuslim.co.id- Lumbung Ternak Masyarakat (LTM) Tasikmalaya sudah menyiapkan 600 ekor domba untuk persiapan Hari Raya Idul Adha 1438 H. Kelompok ternak binaan program Global Quran Aksi Cepat Tanggap (ACT) ini melibatkan 28 warga.

Berlokasi di Kampung Cimahi RT 25 RW 02, Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, setiap tahunnya menyalurkan daging kurban ke beberapa lokasi terpencil yang sangat membutuhkan.

Ketua LTM Tasikmalaya, H Rosmana mengatakan  daging kurban ini disalurkan ke sejumlah titik di 6 kecamatan berbeda. Adapun beberapa titik tersebut seperti kecamatan Culamega, Cipatujah, Sodonghilir, Bantarkalong, Karangnunggal, dan Salopa.

"Pemotongan hewan kurban secara terpusat di sini. Baru setelah itu disebar ke beberapa titik seperti pesantren, masjid dan masyarakat pada umumnya,'' katanya saat ditemui gomuslim di Saung Kebon Center, LTM Tasikmalaya, Rabu (30/08/2017).

Biasanya, kata dia, lokasi penyaluran daging kurban disurvey terlebih dahulu. Namun, tidak menutup kemungkinan ada dari masyarakat yang datang meminta bantuan kurban.

Rosmana menjelaskan, penyiapan hewan untuk kurban ini setidaknya membutuhkan waktu 8 bulan untuk siap dipotong. Sebelum siap dipotong, hewan dirawat seperti pada umumnya, di kasih makan rumput setiap hari, dimandikan, dan dikontrol kesehatannya.

"Kita ada tim kesehatan yang mengontrol hewan-hewan ini seminggu sekali. Pak Risman Ismail, beliau dari Unsoed. Memang bukan dokter hewan, kita biasanya manggil pak mantri,'' ucapnya.

Ia mengungkapkan, saat ini di LTM Tasikmalaya sudah memiliki 1800 ekor domba yang terdiri dari 800 indukan, 400 anakan, dan 600 yang sudah siap potong. "Semuanya ada di 25 kandang,'' ungkapnya.

Ia mengaku bersyukur, selama enam tahun ini bisa mengajak masyarakat untuk berdaya dan punya penghasilan di kampung sendiri. "Yang membuat saya bangga, saya bisa bekerja di kampung sendiri dan bisa melibatkan banyak warga sehingga sama-sama punya penghasilan," katanya.

Lebih lanjut, Rosmana menuturkan adanya program LTM dari Global Qurban ACT ini sangat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ''Meski dengan gaji yang belum besar, tapi mereka sudah mampu menghidupi keluarganya,'' katanya.

Sebelumnya, kata dia, para pekerja di LTM ini rata-rata bekerja serabutan ke luar daerah. Bahkan beberapa sempat menganggur sehingga tidak punya pemasukan untuk keluarga.

"Alhamdulillah dengan adanya LTM ini masyarakat sangat terbantu. Manfaatnya sangat terasa. Minimalnya sebulan dapat 1,2" tutupnya. (njs)


Back to Top