Musim Haji Berakhir, Pedagang di Makkah Berikan Diskon 50 Persen

gomuslim.co.id- Aktivitas jual beli para pedagang di Kota Makkah pasca musim haji berakhir menyebabkan omsetnya menurun. Para pedagang pun perlahan-lahan mulai menurunkan harga dagangannya. Bahkan, mereka menurunkan harga hingga 50 persen dari harga yang ditawarkan saat pelaksanaan ibadah haji.

Dari sebuah survei yang dilakukan oleh News Agency di Nigeria menunjukkan, bahwa barang yang mengalami penurunan harga di antaranya pakaian, biji kurma, alat masak, buah-buahan dan elektronik. Misalnya, bahan pakaian sebelumnya dijual berkisar 120 riyal. Kemudian setelah pelaksanan ibadah haji berlalu mereka menurunkan harganya hingga 50 riyal.

Meski demikian, para jamaah haji dari berbagai penjuru dunia tidak bisa mengambil keuntungan dari penurunan harga ini. Sebab, mereka terbentur dengan regulasi bagasi pesawat yang beratnya maksimal hanya 32 kilogram.

Salah satu jamaah haji, Muhammad Tukur mengatakan dirinya menyaksikan para pedagang menurunkan harga setiap hari pasca pelaksanaan ibadah haji.

"Tapi tidak semua orang bisa memanfaatkan Itu. Karena sebelumnya orang-orang sudah menghabiskan jatah bagasinya," jelas Tukur seperti yang dilansir dari publikasi PM News, Selasa (19/09/2017).

Hal senada juga disampaikan oleh jemaah lainnya, Rabiu Muhammad. Dirinya mengaku, tidak bisa membeli barang-barang saat harga mulai turun. Karena, kata dia, uang tunainya sudah habis setelah berbelanja dua pekan sebelumnya.

"Aku menyesal tidak ada lagu uang tunai saat harga sudah turun. Lagi pula maskapai bersikeras membatasi barang kami," ujar Rabiu. (nat/pmnews/dbs/foto:bloghendrinurcahyo)


Back to Top