Musim Haji Tahun Depan Pemerintah India Izinkan Jemaah Perempuan Berhaji Tanpa Mahram

gomuslim.co.id- Pemerintah India baru-baru ini menerapkan peraturan baru terkait jemaah haji, yakni jemaah perempuan India yang berusia 45 tahun ke atas dapat melakukan ibadah haji tanpa di dampingi mahram atau wali laki-laki.

Dengan catatan, jemaah perempuan yang melakukan perjalanan ibadah haji harus berada dalam suatu kelompok yang terdiri dari empat orang. Adapun peraturan ini akan berlaku pada tahun depan, setelah mendapat ijin resmi dari pemerintah India.

Adapun jemaah perempuan yang memenuhi syarat tersebut, seperti yang dilansir dari publikasi Saudi Gazzete, dapat melakukan perjalanan tanpa didampingi mahramnya seperti suami, ayah, anak laki-laki, atau saudara kandung laki-laki. Hal ini timbul karena tahun ini, hampir setengah dari 170 ribu jemaah yang berhaji adalah perempuan. 

"Sejak awal jemaah perempuan harus didampingi mahramnya, hal itu bertujuan agar mereka dapat terbantu jika menghadapi kendala di perjalanan. Selain itu, mengingat perjalanan jauh sangatlah berbahaya bagi perempuan," tulis pemberitaan Saudi Gazzete. 

Sementara itu, Kementerian minoritas menunjuk Badan Pengawas Pemerintah untuk meninjau ulang kebijakan tersebut. Keputusan akhir berada ditangan Kementerian Minoritas untuk mengadopsi rekomendasi tersebut atau tidak. Adapun jika kebijakan tersebut disahkan akan mencakup lima tahun ke depan sejak diberlakukan di 2018.

Dengan adanya penetapan aturan tersebut, maka akan menguntungkan jemaah perempuan dengan tidak membayar biaya sebesar 10 ribu Riyal Saudi (153.29 dollar) untuk mahram kepada operator haji. (nat/saudigazzete/dbs/foto:berhaji)


Back to Top