Pertama di Arab Saudi, Jeddah Gelar Turnamen Basket untuk Perempuan

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, pertama dalam sejarah, Kerajaan Arab Saudi meluncurkan turnament basket untuk perempuan.  Jeddah United, Universitas Dar Al Hekma, Universitas Bisnis dan Teknologi DFAC akan menggelar pertandingan perdana di King Abdullah Sports City di resor Laut Merah Jeddah.

"Kami bersyukur atas persetujuan kejuaraan olahraga wanita spesial tersebut. Hal ini sangat menyenangkan untuk berpartisipasi dalam hari penting bagi wanita dan untuk mendidik mereka demi  kampanye menghilangkan kanker payudara melalui sebuah turnamen olahraga yang diadakan untuk pertama kalinya di Arab Saudi," kata Leena Al Maeena, Anggota Dewan Shura, seperti dilansir dari publikasi Saudi Al Marsad, Senin, (13/11/2017).

Turnamen ini akan disponsori oleh Otoritas Olahraga Umum dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Pada acara pertandingan ini, hanya wanita yang diizinkan menonton pertandingan pada hari Sabtu. Hal ini juga berkaitan dengan peraturan Bulan lalu, Kerajaan Arab Saudi mengatakan akan mengizinkan wanita menonton pertandingan di stadion utama di Jeddah, Riyadh dan Dammam mulai 1 Januari 2018. Keputusan terobosan tersebut terlihat sebagai dorongan utama bagi perempuan.

Peraturan ini adalah lanjutan dari setelah Arab Saudi mengatakan bahwa wanita akan diizinkan untuk mengemudi pada bulan Juni setelah persiapan intensif untuk memfasilitasi proses tersebut. Pada bulan Juli, kementerian pendidikan mengatakan bahwa siswa perempuan akan mengikuti kelas pendidikan jasmani di sekolah.

Leena Al Maeena adalah satu dari 30 wanita yang duduk di Dewan Shura  Arab Saudi dari 150 kursi. Dia telah menjadi berita utama untuk menerapkan upaya besar untuk memberdayakan wanita Saudi melalui olahraga. Dia juga yang telah mendirikan Jeddah United, klub basket wanita swasta pertama Arab Saudi, pada tahun 2003. (fau/dbs/foto: pakistandaily)


Back to Top