Siap Gratiskan 1.000 Sertifikasi Halal UKM, Pemprov Bangka Belitung Serius Kembangkan Wisata Halal

gomuslim.co.id- Sertifikat halal kini mulai menjadi barang wajib yang harus dimiliki pelaku usaha baik makanan, minuman maupun kosmetik. Hal ini seiring dengan akan mulai diberlakukannya sistem Jaminan Produk Halal pada 2019 mendatang. Sejumlah daerah pun sudah gencar melakukan terobosan terkait sektor ini. Salah satunya adalah Bangka Belitung

Baru-baru ini, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan bahwa pemerintah yang dipimpinnya bakal menggratiskan sertifikat halal untuk 1.000 usaha kecil menengah. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung pariwisata halal daerah yang sedang digarap.

“Produk yang akan disertifikasi mulai dari makanan, kosmetik, hingga hasil kerajinan. Dan kami berharap usaha kecil menengah tumbuh dan mendukung pengembangan pariwisata daerah. Mereka yang telah disertifikasi agar menjaga kualitas dan kebersihan produk,” ujarnya, Jumat (17/11/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kepulauan Bangka Belitung Elfiyena mengatakan bahwa pada tahun ini pihaknya telah memberikan sertifikat halal kepada 150 produk. Pemberian seritifikat ini sebelumnya telah diseleksi tim Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

“Dengan adanya label halal, masyarakat merasa nyaman dalam mengonsumsi produk UKM.  Produk halal tidak hanya dicari wisatawan muslim, tetapi juga bagi non-muslim. Dengan adanya label halal, masyarakat merasa nyaman dalam mengkonsumsi produk UKM ini. Kedepan jumlahnya akan terus ditambah,” katanya.

Menurut Elfiyena, sertifikasi halal memiliki batas waktu berlaku dan diberikan secara gratis untuk UMKM yang masih baru. Bagi yang ingin memperpanjang, pelaku usaha akan menanggung biaya sendiri. “Pemerintah daerah mengalokasikan biaya Rp 2 juta sampai Rp 3 juta untuk sertifikasi setiap UMKM. Biaya berbeda-beda tergantung jenis produk yang akan diuji,” jelasnya.

Atas program sertifikasi ini, kata Elfiyena, LPPOM MUI telah memberikan Anugerah Halal Award 2017 dalam konteks mendukung pariwisata halal.

Sebelumnya, pemerintah Provinsi Kepulauan Babel berhasil meraih Penghargaan Halal Award 2017 dalam Kategori Khusus Pemerintah Provinsi Halal Terbaik. Penghargaan ini diberikan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Ketua Umum Majelis Ulama (MUI) KH. Ma’ruf Amin menyerahkan penghargaan secara langsung kepada Kadisperindag dan Kadis Koperasi UKM Bangka Belitung saat pembukaan Indonesia Expo Halal (INDHEX) 2017 di Gedung SMESCO Convention Hall Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan penghargaan Halal Award 2017 akan menjadi pemecut semangatnya untuk lebih meningkatkan potensi Babel dalam berbagai sektor. “Sejak awal, kami memang konsen terhadap pengembangan produk halal yang berdampak untuk peningkatan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pemerintah Provinsi Bangka Belitung,” kata Erzaldi.

Penilaian Kategori Penghargaan Khusus dilakukan oleh Dewan Juri dengan memperhatikan masukan dari masyarakat dan usulan dari LPPOM MUI Provinsi atas seberapa besar peran dan kontribusi dari instansi pemerintah, lembaga swasta maupun komunitas masyarakat dalam melakukan edukasi, sosialisasi, fasilitasi serta advokasi halal. (njs/dbs/foto:bangkapos)

 


Back to Top