Malam Puncak Perayaan Hari Guru Nasional, Kemenag Berangkatkan Guru Madrasah Berprestasi ke Finlandia

gomuslim.co.id- Malam Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2017 menjadi malam yang menggembirakan bagi 27 guru madrasah berprestasi. Pasalnya, mereka akan dikirim oleh pemerintah melalui Kementerian Agama ke Finlandia. Selama sepuluh hari, mereka akan menggali pengalaman dalam penyelenggaraan pendidikan.

Menurut Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, mereka berangkat pada tanggal 7 Desember 2017. "Sebagai apresiasi, Kementerian Agama tengah memberangkatkan 27 guru ke Finlandia. Mereka saat ini sedang mengikuti short course di Finlandia selama 10 hari. Mereka adalah guru berprestasi tahun lalu," ujarnya di Kota Tangerang, Jumat (08/12/2017).

Ia melanjutkan, selain sebagai bentuk apresiasi, pengiriman guru ke Finlandia ini dalam rangka memberi kesempatan kepada mereka untuk menambah wawasan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan pembelajaran. Finlandia selama ini dikenal sebagai negara dengan penyelenggaraan pendidikan terbaik di dunia. "Pengetahuan yang diperoleh nantinya bisa dikembangkan di Indonesia," harapnya.

Seperti diketahui, malam puncak HGN yang digelar Kementerian Agama merupakan rangkaian Hari Guru Nasional 2017. Serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HGN telah dilakukan sebelumnya, antara lain:

Pertama, pemberian Anugerah Konstitusi pada guru Pendidikan Kewarganegaraan. Kegiatan yang dilakukan bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi dan Kemendikbud ini diselenggarakan pada 6 sampai 11 November 2017.

Kedua, anti corruption teacher supercamp bagi para guru madrasah  bekerjasama dengan KPK.

Ketiga, jalan sehat guru RA/Madrasah bersama Menteri Agama pada 18 November 2017.

Keempat, grand final kompetisi guru, kepala, dan tenaga pendidikan RA/Madrasah berprestasi yang berlangsung pada 21 - 24 November 2017.

Kelima, Pameran Pendidikan Islam Guru Madrasah pada 21 - 24 November 2017.

HGN tahun 2017 mengangkat tema "Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Etos Kerja dalam Menguatkan Pendidikan Karakter".

Malam Puncak Peringatan HGN tahun 2017 ini dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beserta Ibu Trisna Willy Lukman, Pejabat Eselon II, sejumlah Kakanwil, serta lebih dari 500 Guru, Pustakawan, Laboran, dan pengawas Madrasah. Mereka berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November, bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). (njs/kemenag/dbs)


Back to Top