Optimalkan Wakaf Produktif, ACT Perluas Jaringan Ritel Minimarket Sodaqo

gomuslim.co.id- Sebagai salah satu perwujudan wakaf produktif dari program Global Wakaf, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama mitra yang berpengalaman membuat minimarket bernama Sodaqo. Bisnis waralaba yang pro ekonomi kerakyatan, bernuansa ibadah, dan kemanusiaan ini dibangun dan beroperasi dari dana wakaf kolektif.

Manager Media Network Development ACT, Lukman Azis Kurniawan mengatakan sampai hari ini, Sodaqo sudah memiliki 125 outlet yang tersebar di sejumlah kota. “Gerai ini sudah dimulai sejak 2016 lalu. Setiap hari nambah terus, rata-rata 4 sampai 5 outlet per bulannya dan tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Cilegon, Rembang, Grobogan dan Magelang,” ujarnya kepada gomuslim, Kamis (11/01/2017).

Ia menjelaskan bahwa 30 persen keuntungan bersih dari minimarket ini nantinya didedikasikan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. “Kedepannya, Insya Allah akan banyak gerai ritel Sodaqo ini yang lebih produktif, berkelanjutan, serta memberi manfaat berlipat bagi umat,” katanya.

Dengan hadirnya Sodaqo diharapkan produk karya UMKM binaan ACT yang selama ini mendapatkan kesulitan dalam hal pemasaran dapat terbantu. Selain menjual snack dan barang-barang kebutuhan rumah tangga, Sodaqo bisa menjadi etalase penjualan dari produk-produk karya anak negeri.

Sodaqo sendiri ketat menyeleksi kehalalan setiap produk yang dipasarkan. Sodaqo juga memastikan jaringannya tidak menjual minuman beralkohol. Pun minimarket ini tidak menjual rokok dan tidak pula menjual alat kontrasepsi.

“Dengan berbelanja di Sodaqo, pembeli telah menjadi bagian yang berperan membantu anak-anak yatim piatu, kaum dhuafa, dan kaum cacat (disabilitas). Jumlah sedekah dari total pembelanjaan akan tercatat di struk belanja pembeli,” ungkapnya.

ACT menargetkan dalam 2 sampai 3 tahun kedepan sekitar 500 gerai minimarket di beberapa titik akan berdiri. Setelah target di Jabodetabek-Banten terpenuhi, Sodaqo akan terus merambah ke daerah lainnya di Indonesia. Selain itu, harapannya program ini dapat dimiliki masyarakat. Karena Sodaqo merupakan saluran masyarakat bersedekah, berwakaf serta sebagai media filantropi publik. (njs/act)


Back to Top