Respon Lonjakan Calon Jamaah Haji, Pemprov Riau Upayakan Penambahan Kuota

gomuslim.co.id- Minat muslim Indonesia untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari daftar tunggu yang sampai bertahun-tahun di sejumlah daerah. Baru-baru ini, Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau mengajukan penambahan kuota calon jamaah haji (CJH) untuk keberangkatan haji pada tahun ini.

Menurut anggota DPRD Riau Sugeng Pranoto, penambahan kuota CJH sangat diperlukan mengingat terjadi peningkatan jumlah CJH yang mendaftar haji setiap tahunnya. "Kemenag Riau sedang melakukan koordinasi dengan pusat untuk dapat diberikan tambahan kuota jemaah, seperti di Lampung dari kuota 5.081 meningkat menjadi 7.164 orang. Kita ingin perjuangkan penambahan itu," ujarnya. 

Ia menuturkan, saat ini terjadi lonjakan CJH sehingga hal tersebut tentu dapat memperpanjang daftar tunggu CJH. Sudah ada 436 ribu CJH yang mendaftar dan diberangkatkan pada 2017, 5.030 jemaah dan 34 Petugas.

Sementara itu, dalam Raperda transportasi haji daerah yang telah disepakati dalam paripurna dan segera menjadi payung hukum yang mengatur transportasi daerah asal ke embarkasi menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Perda itu juga akan mempercepat dibangunnya Embarkasi Haji Antara di Provinsi Riau.

"Perda ini akan mengatur biaya transportasi dari daerah asal embarkasi (misalnya dari Pekanbaru ke Batam) dan dari embarkasi ke daerah asal juga ditanggung. Anggarannya dari Pemda dan pemerintah kabupaten/kota," jelasnya. (njs/dbs/foto:tempo)

 


Back to Top