Banjir Minat Investor, Porsi Penerbitan SBSN Tahun Ini Bakal Lebih Besar

gomuslim.co.id- Minat investor terharap lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pekan ini cukup tinggi. Hal tersebut diyakini dapat memberikan pengaruh positif terhadap penerbitan SBSN. Pemerintah berpeluang memperbesar porsi penerbitan SBSN tahun ini.

Menurut Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suminto, untuk tahun ini, pemerintah setidaknya akan menerbitkan SBSN sebesar Rp 211,6 triliun. Jumlah porsi penerbitan SBSN tersebut minimal 25 persen dari total penerbitan SBN (bruto) sebesar Rp 846,4 triliun.

Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding realisasi penerbitan SBSN 2017 yang sebesar 27 sampai 28 persen dari realisasi penerbitan SBN bruto tahun lalu sebesar Rp 719 triliun atau sekitar Rp 194 triliun sampai Rp 201 triliun. Pemerintah pun optimistis minat terhadap SBSN semakin besar.

“Porsi itu merupakan total penerbitan SBSN, baik domestik maupun berdenominasi valas. Untuk SBSN domestik, juga terdiri dari penerbitan melalui lelang rutin atau SBSN ritel,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Pihaknya membuka peluang untuk memperbesar penerbitan SBSN di tahun ini hingga 30 persen dari total penerbitan SBN bruto. "Tambahan 5% tersebut, sebagai fleksibilitas berdasarkan kondisi yang ada. Salah satunya, tingginya permintaan," kata Suminto.

Untuk diketahui, lelang SBSN pertama pada tahun ini dibanjiri peminat. Sebab, total penawaran yang masuk cukup tinggi, yaitu mencapai 32,28 miliar. Sementara jumlah yang dimenangkan sekitar Rp 13 triliun.

Suminto juga optimistis, peminat investor SBSN semakin besar pada tahun ini. Salah satunya, dipengaruhi oleh momentum kenaikan peringkat oleh sejumlah lembaga pemeringkat. "Momentum upgrading credit rating maupun optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi saya kira cukup support terhadap pasar SBN kita," tutupnya. (njs/dbs/foto:sukukilustrasi)


Back to Top