Puluhan Relawan Ikut Gerakan Amal Muslim 'Social Services Agency' di Baltimore AS

gomuslim.co.id- Kegiatan amal kini menjadi gerakan rutin yang digelar komunitas muslim di sejumlah negara. Salah satunya termasuk di Baltimore, kota terbesar di negara bagian Maryland, Amerika Serikat (AS). Baru-baru ini, mereka yang tergabung dalam Muslim Social Service Agency dan Islamic Relief USA merayakan Martin Luther King Jr. Day dengan beramal.

Pada kesempatan tersebut, puluhan relawan muslim membagikan makanan dan kebutuhan kebersihan pada penduduk yang membutuhkan. Menurut Direktur Eksekutif Muslim Social Service Agency, Imam Hassan Al-Amin, penyelenggara kegiatan amal juga menyediakan makanan sandwiches tuna dan ayam kalkun.

"Inilah kami yang seharusnya, menolong sesama, menolong tuna wisma, janda dan anak yatim. Kami ingin menunjukkan bahwa ini yang diajarkan Islam. Bahwa mereka seperti lainnya yang ingin menolong orang,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi baltimorenews, Selasa (16/01/2018).

Amin menjelaskan, ada sekitar 20 relawan yang ikut kegiatan pada Ahad (14/01/2018). Mereka bersiap di Masjid As Saffat di West North Evenue dan menyebar di beberapa wilayah. Banyak yang berhenti di gereja karena di sana banyak tuna wisma.

Salah satu relawan Muslim, Carrie McLean membagikan ayam goreng hangat, kentang tumbuk, dan roti. "Di sini ada ayam goreng!" teriaknya di luar gedung gereja St. Vincent de Paul di North Front Street.

Perempuan 60 tahun ini merupakan salah satu dari puluhan relawan lain yang ikut kegiatan amal. Penyelenggara dari komunitas juga mengumpulkan sekitar 150 tas berisi kebutuhan kebersihan. Mulai dari sikat gigi, pasta gigi, shampo, kaos kaki, deodorant, sisir, hingga lap.

Sekadar informasi, Muslim Social Services Agency merupakan lembaga non profit yang sudah berusia 15 tahun. Acara rutin mereka seperti bakti sosial dan membagikan makanan setiap bulannya. Grup ini juga bekerja sama dengan Islamic Relief, sebuah lembaga kemanusiaan Muslim. Kerjasama ini sudah berlangsung selama 11 tahun.

Konsorsium ini pun melebarkan sayap bantuan, seperti obat-obatan dan layanan medis. Lembaga aktif merespons banyak bencana dan insiden. Seperti kericuhan di Baltimore beberapa waktu lalu. (njs/Baltimore/dbs/foto:klikkabar)


Back to Top