Inspiratif, Anak Tukang Roti Jadi Pilot Berhijab Pertama di India

gomuslim.co.id- Semua perempuan boleh bermimpi sesuai menjadi apa yang diinginkannya. Seperti halnya dengan hijaber yang satu ini, Syeda Salva Fatima. Perempuan asal India ini sejak kecil sudah bermimpi untuk menjadi pilot.

Sementara itu, sering kali mimpinya dianggap tidak mungkin karena ia hanyalah anak tukang roti yang hidup di garis kemiskinan.

Kekuatan mimpi ternyata membawa Syeda Fatima pada keajaiban. Setelah lulus sekolah, ia mengikuti free coaching Engineering, Agriculture and Medical Common Entrance Test (EAMCET).  Sesi pelatihan tersebut diisi oleh Editor The Siasat Daily, Zahid Ali Khan. Pada sesi itu, Fatima ditanya tentang cita-citanya. Jawaban dan mimpi Fatima membuat Zahid Ali Khan terkagum-kagum. Fatima dipanggil dan ditawari bantuan biaya untuk pelatihan menjadi pilot.

"Setelah mendengar cerita saya, Zahid Ali Khan menawarkan bantuan biaya untuk pelatihan pilot. Sulit dipercaya, mimpi ini bisa jadi kenyataan," tutur Fatima seperti yang dilansir dari publikasi Firstpost, Rabu, (17/01/2018). 

Kemudian Fatima menjalani pelatihan selama lima tahun di Andhra Pradesh Aviation Academy dan mendapatkan Commercial Pilot's Licence (CPL) pada tahun 2013. Ia menjadi satu di antara 4 orang Muslim pertama yang mendapatkan CPL di India.

Tidak berhenti di situ, ia membutuhkan latihan dan jam terbang tinggi untuk mendapatkan rating yang cukup untuk jadi pilot profesional. Namun, di usianya ke-24 itu ia diwajibkan untuk menikah oleh sang ayah.

Saat ia tengah mengandung 4 bulan, ia ditawari bantuan biaya oleh pemerintah Telangana. Ia pun menunggu satu tahun untuk bisa mengikuti pelatihan di Telangana Aviation Academy for multi-engine training di New Zealand. 

Selama berada di titik ini, Fatima tak luput dari perhatian berbagai media di dunia. Tidak hanya karena ia berasal dari keluarga kurang mampu, tapi juga hijab yang dikenakannya.

Ia pun berpesan untuk seluruh perempuan di dunia agar tetap semangat dan optimis dalam menggapai mimpi.

"Miliki tujuan yang jelas dan selalu berpikir positif. Dedikasi dan kerja keras, tidak akan sia-sia," ujar Fatima. (nat/firstpost/dbs/foto:twitter)

Komentar

  • Nisa

    17 Januari 2018

    Test

    Alhamdulillah. Menginspirasi, jangan malas dan maju terus untuk mengggapai mimpi!!!! 😍🤗😁😁


    Reply






















Tulis Komentar

Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top