Pemkot Solo Revisi Perda Pelayanan Haji 2018

gomuslim.co.id- Jelang musim haji 2018, Pemerintah Kota Solo dan DPRD sedang merancang peraturan daerah tentang pelayanan ibadah haji untuk memperbaiki pelayanan ibadah haji bagi jemaah asal Solo. 

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo mengatakan raperda tersebut akan mengatur berbagai hal untuk meningkatkan pelayanan haji bagi jemaah mulai dari pendaftaran, pemberangkatan hingga pemulangan dari tanah suci.

Karena itu, dalam penyusunan racangan peraturan daerah tersebut Pemkot Solo juga melibatkan akademisi. 

“Salah satu hal yang akan didorong untuk meningkatkan pelayanan bagi jemaah adalah penambahan pendampingan. Pendampingan pada jemaah ini akan dibahas agar bisa ditambah, karena pendampingan ini kan hanya tiga orang kita susun agar bisa ditambah jadi enam orang. Ini akan lebih efektif mendampingi jemaah,” tutur Purnomo dalam rapat Raperda, Selasa (23/01/2018). 

Selain upaya untuk penambahan panitia pendamping jemaah haji, pihaknya juga akan memuat tentang pelayanan pemkot dalam penyelenggaraan manasik haji. 

“Dalam proses manasik haji, Pemkot Solo harus memiliki peran memberikan pengetahuan seputar haji pada jemaah. Karena selama ini jemaah hanya memperoleh materi tentang berhaji dari masing-masing kelompok bimbing ibadah haji,” ujarnya.

Sedangkan, peningkatan pelayanan terhadap jemaah berusia lanjut juga akan dibahas dalam Raperda tersebut.

“Pemkot Solo juga siap jika harus mengeluarkan anggaran lebih dari APBD untuk pelayanan ibadah haji,” tambah dia. 

Di pihak lain, Kepala Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Solo, Rosyid Ali Safitri menguraikan dalam raperda tersebut poin yang lebih ditekankan yakni terkait keterlibatan Pemkot Solo dalam hal penjemputan dan pemulangan jemaah haji. 

“Aturannya memang sudah ada di pusat, tetapi kami ingin dirumuskan khusus untuk Kota Solo,” pungkas dia. (nat/dbs/foto:liputan6)


Back to Top