Sekjen Kemenag: Semua Pihak Perlu Terlibat Kelola Dana Wakaf

gomuslim.co.id- Guna menyejahterakan masyarakat, peran wakaf harus diperhatikan dan dikelola dengan baik. Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI, Nur Syam mengatakan berbagai kalangan, baik pemerintahan, akademisi, dan lintas profesi lainnya harus terlibat agar lebih memperhatikan permasalahan wakaf ini.

“Peran dari setiap lembaga wakaf harus saling diperkuat,” tutur Nur pada pembukaan Rapat Kerja Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2018, di Jakarta, Rabu (24/01/2018).

Kata Nur, ada banyak tantangan menghadapi masalah wakaf ini, diantaranya masalah validasi data aset wakaf, wakaf uang, sertifikasi tanah wakaf, hingga sengketa tanah wakaf.

“Semua itu perlu menjadi perhatian bersama, terutama bagi wakaf produktif dan wakaf uang. Dalam hal ini BWI harus memprogramkan capacity building dengan pihak-pihak terkait,” katanya.

Hal tersebut dilakukan, karena perlu mendorong lembaga keuangan wakaf syariah untuk mensosialisasikan lebih dalam mengenai wakaf uang kepada masyarakat.

Sementara itu, pihaknya berharap, peran BWI agar lebih ditingkatkan kembali, serta memberi perhatian kinerja BWI di daerah-daerah sebagaimana mestinya sehingga mampu mengerjakan berbagai kendala operasional.

Raker BWI 2018 ini mengusung tema “Meneguhkan Peran Wakaf dalam Cetak Biru Ekonomi dn Keuangan Syariah Bank Indonesia untuk Percepatan Pembangunan Nasional”.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) Anwar Bashori, Ketua BWI Mohammad Nuh, serta para anggota BWI, juga mengundang beberapa kementerian dan lembaga terkait untuk mengisi sesi seminar. (nat/dbs/foto:kemenag)

 


Back to Top