Manfaatkan Buku-Buku Bekas, Komunitas Muslim Ankara Buka Perpustakaan di Turki

gomuslim.co.id-  Pekerja sanitasi Muslim di Ankara, Turki, bekerja selama berbulan-bulan untuk mengumpulkan buku-buku yang dibuang dari tempat sampah kota. Hal ini mereka lakukan untuk memulai sebuah perpustakaan besar dengan lebih dari 6.000 buku yang dibuang.

"Sebelumnya, saya berharap bisa memiliki perpustakaan di rumah saya. Sekarang kita punya perpustakaan di sini. Kami senang bisa membangunnya bersama, meskipun ini dari buku-buku bekas, tapi masih layak dibaca,” jelas Serhat Baytemur, salah satu pengumpul sampah di kegiatan ini, seperti dilansir dari publikasi Ilmfeed, Senin, (12/02/2018).

Awalnya, mereka mempunyai mimpi yang sama, yaitu ingin membangun perpustakaan pribadi untuk keluarga mereka di rumah. Karena itu, para pengumpul sampah di di distrik Cankaya di Ankara mengumpulkan ribuan buku untuk melayani komunitas mereka.

Perpustakaan akhirnya dibuka untuk umum pada bulan September 2017 dan penduduk setempat mulai menyumbangkan buku untuk itu. Tempat ini terletak di pabrik batu bata yang sebelumnya kosong di departemen sanitasi. Perpustakaan ini mencakup topik seperti literatur dan bagian tentang penelitian ilmiah.

Koleksi itu bertambah besar, sehingga perpustakaan sekarang meminjamkan buku-buku yang telah diperbaiki ke sekolah, program pendidikan, dan penjara.

"Guru sekolah desa dari seluruh penjuru Turki juga meminta buku dari perpustakaan ini," kata Walikota Çankaya Alper Tasdelen.

Untuk diketahui, Ankara adalah ibu kota Turki sejak tahun 1923, menggantikan Konstantinopel atau Istanbul. Kota ini juga menjadi ibu kota Provinsi Ankara. Sebelumnya, Ankara dikenal dengan nama Angora atau Engürü; pada masa Romawi dikenal sebagai Ancyra; dan pada masa Hellenistik sebagai Áŋkyra. Ia terletak pada ketinggian 938 meter di atas permukaan.

Kota terbesar kedua di Turki ini dihuni oleh 4.455.453 jiwa dan sangat penting dilihat dari sisi ekonomi dan industri. Sebagai pusat pemerintahan Turki, di Ankara terletak seluruh kedutaan besar negara-negara lain. Kota ini terletak di daerah terkering di Turki dan dikelilingi daerah stepa dengan berbagai situs arkeologi dari masa Ottoman, Byzantium, dan Romawi.(fau/Ilmfeed/dbs/foto: aboutislam)


Back to Top