Gaet Industri Kreatif Tiongkok, Bekraf Dukung Program Halal Bites

gomuslim.co.id- Upaya mengenalkan produk halal kepada masyarakat di seluruh dunia terus dilakukan. Baru-baru ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menjalin kerjasama dengan industri kreatif asal Tiongkok terkait produk halal. Hal tersebut tertuang dalam MoU yang dilakukan Orange TV dari Indonesia dan Guangxi TV (SARPFT) dari Tiongkok.

Kedua belah pihak sepakat menjalin kerjasama produksi dokumenter berjudul Halal Bites. Progam ini merupakan sebuah produksi dokumenter Guangxi TV yang bertujuan mengenalkan makanan, kebudayaan dan festival masyarakat Muslim di Tiongkok.

Kerjasama tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Commercial Director Orange TV, Al Greeny S Dewayanti, President of China Guangxi Televison, Zhou Wenli, dan Deputi Pemasaran BEKRAF Joshua Simanjuntak.

Commercial Director Orange TV, Al Greeny S Dewayanti mengatakan dengan adanya kerjasama ini, mulai 15 Februari hingga 24 Februari 2018 di channel Festival 604 setiap harinya akan tayang program bertajuk Halal Bites. "Hingga tanggal 24 Februari 2018 bakal tayang setiap hari, nantinya akan ada konten tetap, dengan konsep jalan-jalan sambil menunjukan kuliner halal di Cina," ujar Greeny di Kantor Bekraf, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018).

Program Halal Bites akan tayang setiap pukul 20.30 dengan durasi selama 30 menit. Menurut, President of China Guangxi Televison Mr Zhou Wenli, program tersebut diharapkan dapat menambah informasi kepada masyarakat Indonesia khususnya pemeluk agama Islam dalam menemukan makanan halal.

Selain itu, program Halal Bites juga akan menunjukkan cara hidup sehari-hari muslim di China maupun saat memperingati hari raya. "Kami berharap pemirsa daat memahami budaya kuliner unik di China dan mengenal orang-orang china khususnya muslim China, perilaku, dan makanan mereka," kata Mr Zhou Wenli.

Tidak hanya Halal Bites, akan tayang juga program taste of Ningxia di Orange TV. Kedua program tersebut juga bisa disaksikan melalui aplikasi streaming genflix yang bisa di download di Google Play Store atupun Apss Store.

Sekadar tambahan, kerjasama ini merupakan tindak lanjut penandatanganan MoU kerjasama antara SAPPRFT dan Bekraf pada bulan Oktober 2017 lalu. Tindak lanjut FGD yang diselenggarakan Bekraf dengan para pelaku industri Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia pada tahun lalu dan dihadiri beberapa peserta yang berasal dari provinsi Guangxi.

Pada kesempatan tersebut, Bekraf meminta pelaku industri kreatif Tiongkok untuk dapat menayangkan program-program informasi Indonesia tentang kuliner, fesyen, musik, budaya dan subsektor ekraf lainnya di Guangxi TV yang bertujukan untuk memperkenalkan keragaman hasil karya kreatif  Indonesia pada masyarakat Tiongkok.

Melalui kerjasama ini nantinya Bekraf juga di harapkan dapat ikut serta dalam kegiatan ASEAN China Expo, sebuah expo perdagangan yang diadakan setiap tahun agar lebih banyak lagi produk-produk kreatif Indonesia yang dapat dipasarkan pada masyarakat Tiongkok dan ASEAN. (njs/dbs/foto:halalbite)

 

 


Back to Top