Ayah Khansa: Mendaki Gunung Bukan Hanya untuk Diri Sendiri, Tapi Berbagi

gomuslim.co.id- Khansa Syahlaa (11) menjadi pendaki cilik berhijab pertama yang sudah menaklukan gunung-gunung tinggi di Indonesia. Namanya kini menjadi ramai diperbincangkan kalangan para pendaki karena keberanian dan semangatnya.

Menurut Sang Ayah, Aulia Ibnu, Khansa sejak umur lima tahun sudah diajak mendaki gunung. Tujuan utamanya adalah untuk membangun mental dan karakternya. “Supaya yang tadinya malu jadi gak malu. Tadinya penakut jadi lebih berani. Sekarang Alhamdulillah Khansa lebih berani,” ujarnya saat ditemui gomuslim dalam acara ‘Merekam Leuser di Jalur Khansa’ di JAG’S Kitchen, Jakarta Selatan, Kamis (15/02/2018).

Ia mengatakan meskipun naik gunung sudah jadi hobinya, namun Khansa tetap tidak melupakan pentingnya pendidikan. “Sekolahnya lancar, selalu masuk 10 besar. Tadi pun gak mau izin sekolah, harus selesai dulu sekolahnya. Naik gunung juga selalu mengambil waktu liburan. Tidak pernah mengganggu sekolah. Kecuali kalau terpaksa, misalnya karena pesawatnya. Kalau pulang ya pulang, besoknya langsung sekolah,” paparnya.

Sebagi seorang ayah yang jadi panutan, Aulia selalu mengajarkan kepada Khansa bahwa naik gunung itu bukan hanya untuk sendiri, tapi juga tentang berbagi. Ia menekankan kepada Khansa tentang pentingnya kepedulian pendaki terhadap masyarakat di sekitar area gunung.

“Saya ajarkan juga kalau naik gunung itu butuh mitra. Naik gunung harus peduli sama masyarakat di sana. Misalnya dilibatkan jadi porter atau jadi guide. Otomatis kan kehidupan dia meningkat. Naik gunung jangan enak sendiri. Alhamdulilah kalau khansa ke desa, pasti dia berbagi. Anak-anak dikumpulin, terus bagi-bagi, selalu begitu, termasuk ketika ke Leuser kemarin,” katanya.

Selain berbagi, sambung dia, Khansa juga ia didik supaya rasa kemanusiaanya semakin tumbuh. Hal tersebut ia lakukan ketika mengajak Khansa berkumpul bersama masyarakat pedalaman Papua. “Saya ajak Khansa merasakan rumah adat di sana. Merasakan kemanusiaan di sana. Mereka semua kan saudara-saudara kita juga,” ungkapnya.

Terkait pendakian Khansa ke Gunung Leuser, Aceh, pada akhir tahun lalu, ia menyebut itu adalah pilhan Khansa sendiri. Padahal, dari pihak yang mensupport memberikan tiga pilihan. “Tawaran sebelumnya gunung Argopuro di Jawa Timur, gunung Tambora di Sumbawa, dan gunung Mekona di Kendari Sulawesi Barat. Tapi waktu itu Khansa tidak mengiyakan pilihan ini. Dia punya pilihan sendiri,” katanya. (njs)

 


Back to Top