Uzbekistan Kenalkan Standar Sertifikasi Produk Halal

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Uzbekistan telah secara resmi memperkenalkan standar ISO 22000 dan Lembaga standarisasi produk halal. Hal ini berkaitan dengan Wakil Perdana Menteri Uzbekistan menyetujui program tindakan pengantar dan penerapan lebih lanjut standar internasional di negara tersebut sejak 23 November 2017.

Publikasi HalalFocus, Jumat, (16/02/2018) menyebutkan pengenalan standar baru dan sertifikasi kepatuhan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang sangat baik untuk memperluas pasar penjualan bagi produsen dalam negeri dan juga mempromosikan pengembangan industri pariwisata, termasuk untuk peziarah.

ISO 22000 merupakan rangkaian standar internasional untuk sistem manajemen di bidang keamanan pangan. sedStandar halal menetapkan persyaratan untuk produksi, penyimpanan, pengangkutan, penjualan dan pelabelan produk sesuai dengan persyaratan Islam.

Untuk diketahui, Republik Uzbekistan  adalah sebuah negara antar benua yang terletak sebagian di Asia Tengah dan Eropa Timur yang sebelumnya merupakan bagian dari negara Uni Soviet. Negara dengan wilayah yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah barat dan utara, Kirgizstan dan Tajikistan di timur dan Afganistan dan Turkmenistan di selatan.  Sekitar satu juta suku Tajik sebuah kelompok etnis yang masih serumpun dengan bangsa Persia menghuni negara ini dan merupakan 4,8% dari seluruh jumlah penduduknya.

Halal Lifestyle mulai gencar dikenalkan kepada masyarakat Uzbekistan pada beberapa tahun terakhir ini, seiring makin berkembangnya populasi warga Muslim dunia yang membuat produk halal makin diminati. Hal ini berimbas pada kunjungan wisata halal dan permintaan produk halal yang makin meningkat. (fau/halalfocus/dbs/foto: azernews)


Back to Top