Kenalkan Islam, Ratusan Masjid di Inggris Jadi Tuan Rumah Gelaran 'Visit My Mosque'

gomuslim.co.id- Lebih dari 200 Masjid di Inggris menyambut orang-orang dari berbagai agama dan latar belakang sebagai bagian dari inisiatif 'Visit My Mosque'. Acara yang berlangsung pada Minggu, (19/02/2018) ini sudah terlaksana selama dua tahun berturut-turut untuk memperkuat hubungan sosial di dalam masyarakat Inggris.

"Meskipun ada masyarakat multi-agama dan multi-budaya yang kita tinggali, hasil jajak pendapat ini menunjukkan bahwa mayoritas orang Inggris belum melihat seperti apa tempat beribadah dari warga  agama lain," Harun Khan, Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris, seperti dilansir dari publikasi Gloucestershire Live, Senin, (19/02/2018).

Khan mengacu pada jajak pendapat YouGov yang mengkhawatirkan yang menemukan bahwa 90% orang dewasa Inggris belum pernah mengunjungi sebuah masjid dan satu dari empat orang Inggris tidak mengenal seorang Muslim.

Karena itu, acara ini diinisiasi oleh Muslim Council of Britain (MCB). Organisasi yang dimulai sejak tahun 2015 ini adalah organisasi Muslim terbesar di Inggris dengan lebih dari 500 organisasi, masjid, amal, dan sekolah yang berafiliasi dengan Inggris.

Sekarang di tahun keempat berturut-turut, 'Visit My Mosque' kembali digelar yang bertujuan untuk mempromosikan hubungan masyarakat yang lebih baik dan mengurangi kesalahpahaman tentang umat Islam di Inggris dengan mendidik masyarakat tentang kegiatan masjid.

Dimulai dengan sekitar 20 masjid pada acara pertamanya tiga tahun lalu, 'Visit My Mosque' terus bertumbuh di lebih dari 80 masjid pada tahun 2016 dan telah dilaporkan secara luas di media Inggris dan internasional. Tahun lalu, jumlah ini melebihi 150 masjid.

"Masjid lebih terbuka dari sebelumnya. Acara ini pun menjadi sebuah langkah kecil menuju kohesi masyarakat yang lebih besar di Inggris saat ini, “ kata Khan.

Acara 'Visit My Mosque' ini  biasanya mencakup tur terpandu di dalam masjid, pameran tentang Islam, bertemu dengan para imam untuk mengajukan pertanyaan dan percakapan rinci, pameran lukisan henna, pemberian buku gratis, ada jamuan teh dan biskuit untuk para pengunjung. Selain itu, acara ini juga didukung oleh pihak keamanan setempat.

Adapun, tahun ini, tema 'Visit My Mosque' adalah "pintu terbuka, masjid terbuka, komunitas terbuka," dan orang-orang dari semua agama bisa ikut hadir. Beberapa masjid, seperti masjid Finsbury Park di London telah mengorganisir acara serupa mereka sendiri sejak 2005 dengan semangat keterbukaan dan membangun hubungan. Selain itu, Masjid lain dari Bradford juga ikut serta dalam acara ini.

"Beberapa orang mungkin memiliki persepsi yang berbeda tentang apa itu masjid,  tahun lalu lima masjid dibuka di Bradford dan kami pikir akan lebih baik untuk mendapatkan beberapa lagi untuk ambil bagian dari acara ini, “ jelas Rifaqat Ali, sekretaris Masjid Madni.

Untuk diketahui, event ini telah melibatkan lebih dari 10.000 pengunjung para tahun lalu. Karena itu, diharapkan event tahun ini menjadi lebih besar dan ebih banyak pengunjung yang  akan memanfaatkan kesempatan untuk mengenal tetangga Muslim mereka. (fau/dbs/foto: aboutislam)


Back to Top