Pemerintah Indonesia dan Saudi Sepakat Beri Akses Satu Pintu untuk Layanan Visa Haji dan Umrah

gomuslim.co.id- Indonesia merupakan salah satu negara pengirim jemaah haji dan umrah terbanyak di dunia. Upaya pelayanan terhadap jemaah pun menjadi hal penting bagi pemerintah Indonesia dan Arab Saudi termasuk dalam pelayanan visa.

Baru-baru ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi HE Osamah Mohammaed Abdullah Al Shuibi. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas tentang sinergi penguatan sistem layanan penerbitan visa haji dan umrah.

“Dubes Saudi menyampaikan keinginannya agar proses pemvisaan jamaah haji dan umrah bisa berjalan lebih efektif melalui layanan satu pintu. Saya menilai tawaran dari Saudi ini sangat positif agar pengawasan lebih efektif, efisien dan mudah,” ujar Menag.

Dia mengaku setuju untuk menyinergikan kerja sama pembenahan kemudahan pengurusan visa. "Teknisnya bisa dikerjasamakan, kami setuju dan sepakat dalam pembenahan pengurusan visa ini," katanya.

Selain itu, Menag juga menjelaskan bahwa Kemenag saat ini secara bertahap mulai menyatukan layanan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dalam satu pintu. Dengan demikian, semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih mudah.

Ia menambahkan sistem itu nantinya bakal disusun bersama antara Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi. Untuk menindaklanjuti pembicaraan itu, Menag bakal mengutus tim ke Saudi. Mereka akan membicarakan langkah berikutnya terkait usulan pengelolaan visa dari Dubes Saudi.

Kerja sama kedua negara juga diharapkan dapat menghindarkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Lukman menegaskan Kemenag akan secepatnya mengirimkan tim yang menangani hal ini agar bisa cepat ditindaklanjuti. “Prinsipnya tentu pemerintah Indonesia tetap menghormati dan akan ikut aturan yang digariskan oleh Saudi Arabia,” tutupnya. (njs/dbs/foto:neonetwork)


Back to Top