Open Mosque Day Jadi Cara Baru Kenalkan Islam kepada Warga Housten AS

gomuslim.co.id- Dakwah Islam di negara minoritas muslim semakin bergeliat. Beragam cara dilakukan untuk mengenalkan Islam kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh The Bear Creek Islamic Center di Texas, Houston, Amerika Serikat baru-baru ini. Mereka menggelar Open Mosque Day dan mengundang masyarakat sekitar.

Dalam acara tersebut, penduduk setempat dapat berkunjung dan bertanya apa saja mengenai Islam. Menurut Direktur Utama GainPeace, Dr Sabeel Ahmed, kegiatan ini sebagai salah satu upaya edukasi baru komunitas Muslim di sana supaya menangkal ketakutan dan kesalahpahaman terkait Islam.

"Kami membuka pintu masjid pada masyarakat sekitar agar mereka lebih mengenal komunitas Muslim. Situasi politik saat ini telah menciptakan iklim ketidakpercayaan terhadap Islam. Tapi, sekaligus memicu rasa penasaran publik terhadap kepercayaan para Muslim ini," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Khou11, Senin (12/03/2018)

Ia menambahkan kegiatan Mosque Open House menjadi jawaban untuk mengenalkan Islam. "Acara ini jadi ajang mereka bertanya tentang apa pun," kata Ahmed.

Selama acara, pengunjung dan komunitas Muslim berbincang sambil makan. Mereka disuguhkan materi serius dari program informasi Islam hingga sesi ringan berupa menggambar henna.

Menurut Ahmed, 90 persen penduduk Amerika tidak pernah masuk masjid. Hal ini mengakibatkan banyak diantara mereka yang tidak mengenal suasana di dalamnya. Karena itu muncul beragam spekulasi hingga menimbulkan kecemasan dan ketakutan. Selain itu, Muslim juga memiliki perbedaan kultur.

Untuk diketahui, dalam tiga tahun terakhir, masjid-masjid di Houston telah menggelar open house ini. Ahmed memperkirakan sekitar 300 ribu Muslim tinggal di sana. Sehingga sangat penting agar komunitas terintegrasi dengan lingkungan sekitar.

Seorang pastur yang hadir dalam acara, Pastor Jen Kindsvatter mengatakan, open house masjid sangat penting sebagai ajang kenalan. "Kita menjalani dunia yang sama, meninggali dunia yang sama, hanya dengan cara berbeda saja," ungkapnya. (njs/khou11/dbs/foto:pbctimes)


Back to Top