Begini Adegan Haru Dokter yang Lepas Hijabnya di Serial Grey's Anatomy

gomuslim.co.id- Setelah menampilkan dokter dan perawat berhijab tahun lalu, baru-baru ini film serial terpopuler di Amerika, ‘Grey's Anatomy’, kembali menampilkan perempuan berhijab dengan peran yang lebih signifikan.

Serial yang sudah tayang sejak tahun 2015 tersebut menampilkan kehidupan dokter bedah. Sejak awal kemunculannya, Grey's Anatomy yang diproduseri oleh Shonda Rhimes memang sering memunculkan karakter dengan perbedaan ras dan budaya, termasuk perempuan Muslim berhijab.

Penampilan hijaber selanjutnya ada di episode ke-13 dalam musim ke-14. Muncul seorang dokter bernama dr. Dahlia Qodri yang diperankan oleh Sophia Taylor Ali. Adegan yang paling mencuri perhatian adalah ketika sang dokter melepaskan hijabnya untuk menutup pendarahan di kaki seorang anak laki-laki.

Pada awalnya anak itu tak sadarkan diri. Tiba-tiba ia terbangun setengah sadar dan mencabut benda tajam di kakinya hingga darahnya mengalir dengan deras. Dalam kondisi darurat seperti itu, dr. Qodri dengan sigap melepas hijabnya dan menutupi luka tersebut dengan sigap.

Adegan lain yang membuat haru, ketika dr. Qodri ditanya oleh dr. Hunt mengapa ia melepas hijabnya, ia menjawab, "It's a symbol of my faith. And my faith is about service and compassion."

Sepenggal perkataan ini menuai kekaguman para penonton, baik Muslim maupun non Muslim. Adegan ini pun jadi viral di media sosial. Meskipun ini hanyalah fiksi, tapi banyak yang merasa keputusan dr. Qodri merepresantikan Islam yang penuh kasih sayang.

"Dia mencopot hijabnya untuk menyelamatkan hidup pasiennya, dan dr. Hunt menyebut 'hijab' dengan fasih. Kabari aku kalau kalian butuh fashion stylist," tulis hijaber bernama Shams Al Badry dalam akun Twitternya.

Dalam serial ini, tak hanya para hijabers yang merasa terwakili perasaannya. Sejumlah perempuan lainnya pun merasa kagum dengan adegan film tersebut.

"Shonda sangat keren. Adegan dokter melepas hijabnya ini sangat kuat," tulis akun bernama Hannah.

Pemeran dr. Qodri, Sophia Taylor Ali juga menulis tentang adegan ini di akun Instagram-nya.

"Sesuatu yang gila terjadi di Grey's Anatomy semalam. Episode yang keren banget tentang pengabdian dan belas kasih," tulisnya.

Postingan tersebut mendapatkan lebih dari 12 ribu likes. Hingga saat ini, adegan tersebut masih menjadi perbincangan netizen di media sosial.

Video adegan melepas hijab:

https://media.giphy.com/media/20NhBX6pANys2RFoHq/giphy.gif (nat/dbs/foto:ist)


Back to Top